HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN ANALISIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR


Asrie Kumala Dewi , 4401414005 (2019) HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN ANALISIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN ANALISIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR]
Preview
PDF (HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN ANALISIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR) - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

Alam Sekitar, Perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran biologi di SMA N 9 Semarang masih berpusat pada guru dan belum mengoptimalkan kemampuan analisis siswa serta belum mengukur sikap peduli lingkungan siswa. Kemampuan analisis dan sikap peduli lingkungan dimungkinkan untuk diperoleh melalui pembelajaran dengan pendekatan JAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, kemampuan analisis dan sikap peduli lingkungan siswa pada pembelajaran materi perubahan lingkungan dengan pendekatan JAS. Penelitian ini adalah penelitian pre- experimental, dengan desain one shot case study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 9 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan secara purposive, menggunakan 36 siswa dari kelas X MIPA 4 SMA N 9 Semarang. Data yang diperoleh berupa hasil belajar dan kemampuan analisis siswa dan sikap peduli lingkungan siswa. Tes, angket dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi perubahan lingkungan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar mampu mengoptimalkan hasil belajar yaitu dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan ≥52,78% hasil belajarnya mencapai kriteria baik dan sangat baik. Kemampuan analisis siswa pada pembelajaran materi perubahan lingkungan dengan pendekatan JAS memadai yaitu ≥61,11% kemampuan analisisnya mencapai kriteria baik dan sangat baik. Siswa memiliki sikap peduli lingkungan yang memadai yaitu 100% sikap peduli lingkungan siswa mencapai kategori baik dan sangat baik. Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap keterlaksanaan pembelajaran. Pendekatan JAS dapat digunakan pada pembelajaran materi perubahan lingkungan di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kemampuan analisis, sikap peduli lingkungan, Jelajah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2020 17:37
Last Modified: 17 Apr 2020 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35831

Actions (login required)

View Item View Item