PENDAPAT GURU PAMONG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Septian Dwi Cahya , 5101415032 (2019) PENDAPAT GURU PAMONG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDAPAT GURU PAMONG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENDAPAT GURU PAMONG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ( LPTK ) yang diharapkan dapat mewujudkan guru yang profesional sebagai sumber daya manusia di Indonesia. Keterampilan mengajar guru merupakan faktor dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dan senantiasa harus ditingkatkan agar kualitas pendidikan yang diharapkan tercapai. Mahasiswa yang sedang melakukan PPL kependidikan tidak semuanya mampu menguasai atau menerapkan kompetensi guru dengan baik. Dari Permasalahan itulah penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pendapat guru pamong tentang sejauh mana penguasaan kompetensi yang dimiliki mahasiswa yang sedang melakukan PPL. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan analisa deskriptif persentase dan sampel sejumlah 50 responden yang dilakukan di 5 sekolah. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode angket. Uji validitas dilakukan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase Dari penelitian yang dilakukan didapatkan data penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa PPL adalah baik, dengan persentase yang diperoleh sebesar 60% dan 49%. Mahsiswa memperoleh pendapat baik dari guru pamong terhadap kemampuannya menguasai indikator-indikator kompetensi pedagogik dan profesional. Sebagai calon guru mahasiswa perlu mempertahankan dan meningkatan kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapat, Guru Pamong, Kompetensi Pedagogik, Profesional, Mahasiswa PPL
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2020 19:52
Last Modified: 16 Apr 2020 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item