STABILITAS GROUNDSILL PADA ALIRAN SUNGAI GARANG DI HILIR JEMBATAN BESI KOTA SEMARANG
ALDI EKO SAPUTRO , 5113414066 (2019) STABILITAS GROUNDSILL PADA ALIRAN SUNGAI GARANG DI HILIR JEMBATAN BESI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STABILITAS GROUNDSILL PADA ALIRAN SUNGAI GARANG DI HILIR JEMBATAN BESI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Groundsill merupakan struktur ambang melintang yang dibangun pada alur sungai yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan arus dan meningkatkan laju pengendapan di bagian hulu struktur. Aliran yang berkecepatan tinggi (>2m/s) dan penambangan pasir di daerah hilir jembatan dapat membahayakan beberapa bangunan yang ada di sekitar sungai tersebut, terutama asset nasional berupa jalan raya dan jembatan. Kerusakan bangunanbangunan penting dan pengikisan tebing harus dapat diatasi salah satunya dengan melakukan pembangunan guna menstabilkan dasar sungai Garang agar tidak merusak ekosistem di sekitarnya. Penelitian ini mendeskripsikan stabilitas groundsill pada aliran sungai Garang di hilir Jembatan Besi Kota Semarang dari bahaya gerusan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengumpulan data. Data yang diggunakan adalah data observasi dan data sekunder (data desain groundsill jembatan besi, data hujan, data geologi dan mekanika tanah). Analisis data yang digunakan adalah (1) metode perhitungan debit banjir rancangan; (2) Analisis gaya yang bekerja pada groundsill, (3) Analisis stabilitas groundsill. Hasil yang didapat berdasarkan analisis stabilitas Groundsill Jembatan Besi yang dilakukan adalah sebagai berikut : Groundsill aman terhadap guling pada kondisi air normal dan air banjir dengan perbandingan nilai koefisien guling > nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (2,136>1,5) pada kondisi air banjir (2,226>1,5). Groundsill aman terhadap geser pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat kondisis air banjir dengan perbandingan nilai koefisien geser > nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (2,2>1,5) pada kondisi air banjir (0,054 < 1,5). Groundsill tidak aman terhadap eksentrisitas pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat kondisi air banjir dengan perbandingan nilai koefisien eksentrisitas < nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (2,058>0,65), pada kondisi air banjir (32,033>0,65). Groundsill aman terhadap daya dukung tanah pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat kondisis air banjir dengan perbandingan nilai koefisien daya dukung tanah < nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (13,636<30,97) pada kondisi air banjir (44,626>30,97). Groundsill aman terhadap Erosi bawah tanah (piping) pada kondisi air normal dan air banjir dengan dengan perbandingan nilai koefisien piping >nilai koefisien kritis nilai keamanan sebesar (4,416>4), kondisi air banjir (6,060>4).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stabilitas, Groundsill, Jembatan besi |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 19:45 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 19:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35822 |
Actions (login required)
View Item |