ANALISIS OPTIMASI ALIRAN FLUIDA DALAM PIPA KONDENSASI WATER FROM ATMOSPHERE GENERATOR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)


Syahdan Sigit Maulana , 5202414045 (2019) ANALISIS OPTIMASI ALIRAN FLUIDA DALAM PIPA KONDENSASI WATER FROM ATMOSPHERE GENERATOR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS OPTIMASI ALIRAN FLUIDA DALAM PIPA KONDENSASI WATER FROM ATMOSPHERE GENERATOR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)]
Preview
PDF (ANALISIS OPTIMASI ALIRAN FLUIDA DALAM PIPA KONDENSASI WATER FROM ATMOSPHERE GENERATOR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bumi memiliki banyak lapisan, salah satunya lapisan terendah dibawah atmosfir, yaitu troposfir yang memiliki kandungan air sekitar 0% sampai dengan 4%. Hal ini menunjukkan bumi memiliki potensi kandungan air yang dapat dimanfaatkan melalui proses kondensasi. Kondensasi didalam pipa digunakan sebagai sistem, sehingga perlu adanya analisis optimasi aliran fluida pipa kondensasi water from atmosphere generator pada variasi tekanan berbasis computational fluid dynamic (CFD). Tujuan penelitian ini antara lain; Mengetahui aliran fluida, distribusi tekanan, distribusi kecepatan, dan distribusi temperature, dan produksi air hasil kondensasi yang melewati pipa selama proses kondensasi. Penelitian ini merupakan experimental research dengan menggunakan metode 2-factor factorial design. Prosedur penelitian dilakukan melalui berbagai tahapan, seperti: pembuatan geometry dan meshing, pendefinisian bidang dan batas, pemeriksaan mesh, penentuan kondisi bidang dan batas, proses numerik, dan pendefinisian hasil analisis. Hasil penelitian antara lain: 1) aliran yang fluida yang melewati pipa selama proses kondensasi adalah aliran laminar, 2) distribusi tekanan yang terjadi didalam pipa sangat merata dan tidak terjadi pressure drop yang signifikan, 3) distribusi kecepatan yang terjadi pada sistem tidak merata 4) distribusi temperature sesuai dengan tetapan terjadi merata disetiap sisi pipa, 5) kapasitas produksi air yang dihasilkan dari kedua variasi adalah sama, yakni 366 ml/menit dengan menggunakan perhitungan moisture removal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kondensasi, distribusi aliran, temperature, produksi air, CFD
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Apr 2020 19:40
Last Modified: 16 Apr 2020 19:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35821

Actions (login required)

View Item View Item