ANTESEDEN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI MAHASISWA AKUNTANSI
Eva Yuliana, 7101415019 (2019) ANTESEDEN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI MAHASISWA AKUNTANSI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANTESEDEN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI MAHASISWA AKUNTANSI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi komunikasi dianggap penting bagi lulusan akuntansi untuk bekerja di era global. Banyaknya perusahaan yang melakukan operasi bisnis di luar batas negaranya, menunjukkan arah perkembangan operasi bisnis yang bersifat global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy (SE) dan self-regulated (SR) terhadap keterlibatan mahasiswa (SEC, SEE dan SEI). Pengaruh keterlibatan mahasiswa terhadap kompetensi komunikasi dan negosiasi mahasiswa akuntansi (CNC) dan pengaruh self-efficacy terhadap self-regulated. Populasi dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Semarang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 149 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan path alalysis menggunakan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi dan negosiasi mahasiswa akuntansi dipengaruhi oleh keterlibatan dalam perkuliahan dan keterlibatan dalam PKL dan KKN, sedangkan keterlibatan dalam ekstra kampus tidak berpengaruh terhadap kompetensi komunikasi dan negosiasi. Self-efficacy mempengaruhi self-regulated, keterlibatan dalam perkuliahan, dan keterlibatan dalam PKL dan KKN, namun self-effcacy tidak berpengaruh terhadap keterlibatan dalam ekstra kampus. Self-regulated berpengaruh terhadap keterlibatan dalam perkuliahan, sedangkan keterlibatan ekstra kampus dan keterlibatan dalam PKL, KKN tidak dipengaruhi oleh self-regulated. Hasil juga menunjukkan bahwa keterlibatan perkuliahan mempengaruhi keterlibatan ekstra kampus dan keterlibatan dalam PKL dan KKN, keterlibatan ekstra kampus mempengaruhi keterlibatan PKL dan KKN. Simpulan penelitian ini yaitu dari tiga belas hipotesis, sembilan hipotesis diterima dan empat hipotesis ditolak. Keempat hipotesis yang ditolak tersebut adalah pengaruh SE terhadap SEE, pengaruh SR terhadap SEE, pengaruh SR terhadap keterlibatan SEI, pengaruh SEE terhadap CNC. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh SE terhadap SR, pengaruh SE terhadap SEC, pengaruh SR terhadap SEC, pengaruh SEC terhadap SEE, pengaruh SE terhadap SEI, pengaruh SEE terhadap SEI, pengaruh SEC terhadap SEI, pengaruh SEC terhadap CNC dan pengaruh SEI terhadap CNC. Saran ditujukan untuk Universitas perlu mengoptimalkan kegiatan SEE dalam membentuk CNC serta mempertahankan serta meningkatkan kualitas kegiatan SEI dan SEC yang telah mampu membentuk CNC. Memberikan edukasi serta penyuluhan melalui kegiatan workshop kepada mahasiswa agar mampu mengarahkan SR dalam meningkatkan SEI.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Komunikasi dan Negosiasi, Self-efficacy, Self-Regulated, Student Engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 15:46 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 15:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35805 |
Actions (login required)
View Item |