PENGARUH MODAL PINJAMAN DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) KOPERASI DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KSP terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati)


Titis Indah Anggraeni , 7101415014 (2019) PENGARUH MODAL PINJAMAN DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) KOPERASI DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KSP terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MODAL PINJAMAN DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) KOPERASI DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KSP terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati)]
Preview
PDF (PENGARUH MODAL PINJAMAN DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) KOPERASI DENGAN TOTAL ASET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada KSP terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) didorong bisa tumbuh kembang sebagai lembaga keuangan yang profesional, mandiri, dan dapat melayani anggotanya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi. Menurut data Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati menunjukkan selama tahun 2017 terdapat 155 unit KSP, sedangkan sebanyak 43 unit KSP diantaranya sudah tidak aktif. Jumlah KSP yang melaksanakan RAT sebanyak 64 unit koperasi atau sebesar 57,14 % dari jumlah KSP aktif. Perolehan SHU pada tahun 2016-2017 perolehan SHU mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu sebesar 56,58%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara modal pinjaman dan volume usaha dengan total aset sebagai variabel moderating terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi. Populasi dalam penelitian ini adalah KSP yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati yang berjumlah 155 unit KSP. Sampel penelitian berjumlah 61 unit KSP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data bersumber dari data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi moderasi, uji parsial (uji t), serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal pinjaman berpengaruh tidak signifikan terhadap SHU Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Pati yang dilihat dari nilai koefisien regresi modal pinjaman sebesar 0,144 dengan signifikansi 0,666. Sedangkan variabel volume usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap SHU Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Pati yang dilihat dari nilai koefisien regresi volume usaha sebesar 1.137 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan uji regresi moderasi variabel total aset memoderasi pengaruh modal pinjaman terhadap SHU koperasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Variabel total aset tidak dapat memoderasi secara signifikan pengaruh volume usaha terhadap SHU koperasi dengan nilai signifikansi 0,486. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa modal pinjaman tidak berpengaruh terhadap SHU koperasi, namun hadirnya total aset mampu memoderasi pengaruh modal pinjaman terhadap SHU koperasi. Volume usaha berpengaruh signifikan terhadap SHU koperasi, namun hadirnya total aset tidak dapat memoderasi pengaruh volume usaha terhadap SHU koperasi. Saran untuk KSP di Kabupaten Pati melihat variabel volume usaha memiliki pengaruh paling dominan, sebaiknya KSP meningkatkan volume usaha dan mengurangi penggunaan modal pinjaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sisa Hasil Usaha, Modal Pinjaman, Volume Usaha, Total Aset
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2020 15:33
Last Modified: 15 Apr 2020 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35800

Actions (login required)

View Item View Item