ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA SEMARANG)


Widiyati , 7101415013 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA SEMARANG)) - Published Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Tingkat literasi keuangan pelaku UMKM di Jawa Tengah masih terbilang rendah yaitu di angka 33,5%. Padahal literasi keuangan meupakan alat bagi UMKM untuk mengetahui untuk kemudian memanfaatkan produk-produk keuangan yang terus mengalami perkembangan, serta melakukan pengelolaan keuangan yang akan sangat membantu dalam usaha mempertahankan kinerja dan keberlangsungan UMKM kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhi jenis kelamin, tingkat pendidikan, pelatihan literasi keuangan, tingkat pendapatan, lama usaha dan penggunaan finanial tehnology terhadap tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM berbasis ekonomi kreatif yang terdaftar atau memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK) di wilayah Kota Semarang pada tahun 2018 yaitu sebanyak 5787 UMKM. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini metode convenience sampling. Sampel penelitian berjumlah 70 UMKM kreatif . Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuisioner/angket dengan tipe pertanyaan tertutup. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi logistik biner dengan bantuan program SPSS versi 23 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat literasi pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang mempunyai rata-rata skor 57.80 yang menunjukkan tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang sudah cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan literasi keuangan, tingkat pendapatan, serta penggunaan Financial technology menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang dengan variabel pelatihan literasi keuangan yang memiliki pengaruh yang lebih dominan. Sedangkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, serta lama usaha tidak menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang dipengaruhi oleh faktor tingkat pelatihan literasi keuangan, tingkat pendapatan dan penggunaan financial technology. Sehingga, saran yang dapat diberikan antara lain diberikannya sosialisasi/diklat/pelatihan mengenai literasi keuangan serta pemberian buku literasi keuangan sebagai media pembelajaran mandiri bagi para pelaku UMKM kreatif di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Pelaku UMKM, Ekonomi Kreatif
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2020 15:23
Last Modified: 15 Apr 2020 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35799

Actions (login required)

View Item View Item