PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo)
Nur Azizah , 6411415002 (2019) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo))
- Published Version
Download (817kB) | Preview |
Abstract
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan rumah sakit dalam mempengaruhi dan mengetahui tanggapan pembeli jasa pelayanan kesehatan. RSUD Tugurejo Semarang sebagai salah satu rumah sakit rujukan mengalami penurunan kunjungan pasien rawat jalan selama tiga tahun terakhir. Jumlah kunjungan pasien umum di Instalasi Rawat Jalan RSUD Tugurejo Semarang pada tahun 2016 sebanyak 17.981 orang, sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 14.348 orang, dan pada tahun 2018 jumlah sebanyak 9.801 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan pasien memilih layanan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian yang ditetapkan adalah 87 responden. Teknik pengambilan sampel secara consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square dengan perangkat SPSS. Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang berpengaruh yaitu bauran produk (p value=0,000), bauran tempat (p value=0,000), bauran promosi (p value=0,000), dan bauran proses (p value=0,000). Sedangkan yang tidak berpengaruh yaitu bauran harga (p value=0,248), bauran petugas (p value=0,165), dan bauran bukti fisik (p value=0,248). Saran penelitian ini adalah sebaiknya RSUD Tugurejo meningkatkan upaya promosi melalui media promosi berupa brosur, leaflet, dan website resmi rumah sakit, serta menambahkan jumlah tempat duduk pada ruang tunggu untuk memberikan kenyamanan kepada pasien/pengunjung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunjungan Pasien, Bauran Pemasaran, Proses Keputusan Pasien |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 14:57 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 14:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35794 |
Actions (login required)
View Item |