HUBUNGAN AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SEMARANG


Wahyu Widyastuti , 6411414144 (2019) HUBUNGAN AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (525kB) | Preview

Abstract

Salah satu sasaran dari RPJMN 2015-2019 adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil atau tertinggal. Menurut Hukormas BUK Kemenkes, indikator mutu pelayanan kesehatan adalah akreditasi. Akreditasi bertujuan agar pelayanan kesehatan bermutu dan berkualiatas sesuai standar. Di Kabupaten Semarang pada Puskesmas rawat jalan masih terdapat 1 Puskesmas belum melaksanakan akreditasi, 3 Puskesmas masih dalam proses akreditasi, 2 Puskesmas terakreditasi dasar, dan 7 Puskesmas terakreditasi madya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan akreditasi Puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian kuantitatif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel 240 responden menggunakan purpose sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Dan teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-square. Hasil peneltian menunjukkan terdapat hubungan antara status akreditasi dengan tingkat kepuasan pasien dengan (p=0,042) dan (rp=1,5) dimana Puskesmas yang sudah terakreditasi memiliki tingkat kepuasan 1,5 kali lebih tinggi daripada Puskesmas yang masih dalam proses akreditasi. Saran bagi peneliti selanjutnya sebelum penelitian dimulai telah mengidentifikasi berbagai sumber yang mungkin menyebabkan bias dan merencanakan upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan, serta menambah atau mengganti dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien selain dimensi serQual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Kepuasan Pasien, Pelayanan Puskesmas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Apr 2020 14:45
Last Modified: 15 Apr 2020 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35789

Actions (login required)

View Item View Item