PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP KOMPETENSI OPERASIONAL PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI


Wiwin Nurellah , 7101415005 (2019) PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP KOMPETENSI OPERASIONAL PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP KOMPETENSI OPERASIONAL PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI]
Preview
PDF (PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP KOMPETENSI OPERASIONAL PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI) - Published Version
Download (833kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku pada akhir tahun 2015 merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia di berbagai sektor. Salah satu profesi yang diberikan kesempatan masuk dalam pasar bebas adalah akuntan. Hal tersebut menjadikan para lulusan akuntansi harus memiliki kompetensi yang memadai. Salah satunya dengan memiliki kompetensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh student engagement terhadap kompetensi operasional pada mahasiswa jurusan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 182 mahasiswa Akuntansi S1 angkatan 2015 di Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling yaitu proportional random sampling dengan 150 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil uji parsial yang pertama menunjukkan bahwa AC dan SL berpengaruh positif terhadap KGN, AFK, dan PSM. Hasil kedua menunjukkan bahwa ACL hanya berpengaruh positif terhadap AFK and PSM. Hasil ketiga menunjukkan bahwa SI hanya berpengaruh positif terhadap KGN dan PSM. Dan hasil yang terakhir menunjukkan bahwa EE tidak berpengaruh terhadap KGN, AFK, dan PSM. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa AC, ACL, SI, EE, dan SL secara simultan berpengaruh terhadap masing-masing KGN, AFK, dan PSM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya AC dan SL yang secara konsisten berpengaruh terhadap KGN, AFK, dan PSM. Artinya Universitas perlu memperbaiki dan menerapkan sistem pembelajaran yang lebih baik, meningkatkan hubungan antara dosen dengan mahasiswa, serta universitas perlu membina mahasiswa dalam menerapkan softskill untuk membentuk kompetensi operasional pada mahasiswa akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku pada akhir tahun 2015 merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia di berbagai sektor. Salah satu profesi yang diberikan kesempatan masuk dalam pasar bebas adalah akuntan. Hal tersebut menjadikan para lulusan akuntansi harus memiliki kompetensi yang memadai. Salah satunya dengan memiliki kompetensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh student engagement terhadap kompetensi operasional pada mahasiswa jurusan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 182 mahasiswa Akuntansi S1 angkatan 2015 di Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling yaitu proportional random sampling dengan 150 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil uji parsial yang pertama menunjukkan bahwa AC dan SL berpengaruh positif terhadap KGN, AFK, dan PSM. Hasil kedua menunjukkan bahwa ACL hanya berpengaruh positif terhadap AFK and PSM. Hasil ketiga menunjukkan bahwa SI hanya berpengaruh positif terhadap KGN dan PSM. Dan hasil yang terakhir menunjukkan bahwa EE tidak berpengaruh terhadap KGN, AFK, dan PSM. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa AC, ACL, SI, EE, dan SL secara simultan berpengaruh terhadap masing-masing KGN, AFK, dan PSM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya AC dan SL yang secara konsisten berpengaruh terhadap KGN, AFK, dan PSM. Artinya Universitas perlu memperbaiki dan menerapkan sistem pembelajaran yang lebih baik, meningkatkan hubungan antara dosen dengan mahasiswa, serta universitas perlu membina mahasiswa dalam menerapkan softskill untuk membentuk kompetensi operasional pada mahasiswa akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2020 14:36
Last Modified: 15 Apr 2020 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35785

Actions (login required)

View Item View Item