PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016)


Imam Tajudin, 7211414167 (2018) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 7211414167.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

operasionalnya meliputi aspek ekonomi (profit), sosial (people) dan lingkungan (planet) atau biasa disebut triple bottom line (3p) yang diwujudkan dalam bentuk CSR. CSR merupakan suatu komitmen berkelanjutan dari perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontirbusi secara positif kepada karyawan, komunitas, dan lingkungan serta masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap pengungkapn CSR. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menerbitkan laporan tahunan dan/atau laporan keberlanjutan pada tahun 2015-2016 yang berjumlah 144 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Total sampel penelitian adalah 52 perusahaan dengan 2 tahun pengamatan sehingga hasil unit analisis sebanyak 88 unit analisis setelah dikurangi 16 data outlier. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, profitabilitas, dan likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sementara dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Berdasarkan Uji F, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, dan likuiditas secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengungkapan CSR perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan (1) perusahaan diharapkan meningkatkan tanggung jawab sosialnya serta melakukan pengungkapan CSR lebih baik; (2) Investor dan Kreditor dapat menjadikan pengungkapan CSR sebagai bahan pertimbangan investasi dan pendanaan; (3) Pemerintah diharapkan dapat lebih meningkatkan peraturan mengenai CSR menjadi mandatory disclosure; (4) Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan indikator good corporate governance rasio kinerja keuangan yang berbeda yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Apr 2020 01:39
Last Modified: 15 Apr 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35768

Actions (login required)

View Item View Item