PENGARUH MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG KOLAM RENANG DI KABUPATEN PEMALANG


Hammas Zamanul Haq , 6211415008 (2019) PENGARUH MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG KOLAM RENANG DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG KOLAM RENANG DI KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA SOSIAL (FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG KOLAM RENANG DI KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

. Kolam renang Olympic Swimming Pool adalah objek wisata baru yang berbasis olahraga rekreasi. Berdasarkan wawancara dengan Kepala Disparpora kabupaten pemalang mengharapkan kolam renang Olympic Swimming Pool nantinya akan menjadi objek wisata unggulan. Media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) digunakan oleh pihak pengelola sebagai alat/media promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung kolam renang Olympic Swimming Pool. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) terhadap peningkatan jumlah pengunjung dan untuk mengetahui media sosial apakah yang paling efektif sebagai media promosi kolam renang Olympic Swimming Pool . Pendekatan deskriptif kuantitatif dipakai dalam penelitian ini Untuk menjabarkan karakteristik data responden. Kuesioner tertutup dengan mengunakan skala likers dipakai untuk pengumpulan data, kemudian data tersebut melalui proses scoring data. Sampel pada penelitian ini adalah pengunjung pada 22-28 agustus 2019. Teknik purposive sampling digunakan pada penelitian ini untuk menentukan sampel. Keseluruhan responden dengan jumlah 39 responden, kemudian diidentifikasi dan hanya 23 responden melalui media sosial di gunakan untuk data yang diolah lebih lanjut sedangkan sisanya 16 faktor lain tidak di gunakan. 23 responden ini digunakan untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangakan Analisis data ANOVA one way digunakan untuk menentukan rerataan media sosial facebook, twitter dan instagram dengan 23 responden tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada 1-7 agustus 2019 sampai 22-28 agustus 2019 sebesar 15 (38%) orang. Dari 39 responden yang ikut serta dalam penelitian ini 23 responden (59%) bersumber media sosial dan 16 responden lainnya (41%) faktor lain. Dari 23 responden bersumber media sosial diidentikasi dan hasilnya 10 responden bersumber dari media sosial facebook dan 13 responden bersumber dari media sosial Instagram Simpulan pada penelitian ini adalah media sosial instagram paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung kolam renang Olympic Swimming Pool dibandingkan media sosial facebook dan twitter. Saran : pada penelitian yang selanjutnya agar bisa meneliti standarisasi kolam renang serta tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas sarana dan prasarana kolam renang Olympic Swimming Pool

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sport Industry, Sport Marketing, Sport Management, Social Media Marketing
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2020 18:53
Last Modified: 14 Apr 2020 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35764

Actions (login required)

View Item View Item