GAMBAR ANAK USIA DINI DI DESA CLERING JEPARA: Analisis Bentuk Dasar dan Pola Penempatan Corengan, Irama Unsur Garis dan Paduan Kontras


Titin Nurhidayati, 2414981513 (2006) GAMBAR ANAK USIA DINI DI DESA CLERING JEPARA: Analisis Bentuk Dasar dan Pola Penempatan Corengan, Irama Unsur Garis dan Paduan Kontras. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GAMBAR ANAK USIA DINI DI DESA CLERING JEPARA: Analisis Bentuk Dasar dan Pola Penempatan Corengan, Irama Unsur Garis dan Paduan Kontras]
Preview
PDF (GAMBAR ANAK USIA DINI DI DESA CLERING JEPARA: Analisis Bentuk Dasar dan Pola Penempatan Corengan, Irama Unsur Garis dan Paduan Kontras) - Published Version
Download (76kB) | Preview

Abstract

Anak memiliki cara tersendiri dalam menuangkan ide, gagasan, dan imajinasinya ke dalam sebuah karya seni. Menggambar adalah salah satu cabang seni yang sesuai dengan karakteristik anak, yaitu bebas dan imajinatif. Sehingga gambar yang dihasilkan juga berupa corengancorengan bebas namun mengandung arti tertentu, karena menggambar merupakan salah satu bentuk media berkomunikasi bagi anak. Anak usia dua sampai empat tahun yang masuk dalam periode coreng-moreng memiliki karakter yang unik dan tidak dapat dinilai berdasarkan estetika orang dewasa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang : bentuk dasar corengan, pola penempatan corengan dan irama garis pada gambar coreng-moreng anak usia dua sampai empat tahun di Desa Clering Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah gambar coreng-moreng anak usia dua sampai empat tahun di Desa Clering Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, dan yang menjadi objek penelitian adalah (1) bentuk dasar corengan, (2) pola penempatan corengan, (3) irama garis. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan. Untuk itu digunakan instrumen penelitian berupa peneliti, pedoman pengamatan terkendali, gambar, serta kisi-kisi pertanyaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dasar corengan yang ada dapat digolongkan menjadi empat yaitu : (1) garis lurus atau pengulangannya meliputi : garis vertikal, horizontal, diagonal, dan mata gergaji, (2) garis lengkung atau pengulangannya meliputi : bentuk kait dan gelombang, (3) lingkaran atau pengulangannya meliputi : huruf � (baik yang diulang maupun berdiri sendiri), benang kusut dan lingkaran yang ujung dan pangkalnya membuka ke luar atau ke dalam, (4) titik atau pengulangannya meliputi : titik yang berdiri sendiri dan kumpulan titik-titik. Pola penempatan corengan terdiri dari : (1). Keseluruhan halaman dipenuhi dengan corengan, (2) terpusat, besar atau kecil tetap di tengah, (3) batas spasi, halaman pinggir bersih seperti batas. (4). Setengah diagonal, seolah-olah bentu segi tiga, (5) poros diagonal, corengan yang penyebarannya rata diagonal, (6) dua pertiga bagian, corengan yang jelas terpisah, (7) kipas satu sudut, bagian yang melebar dengan meninggalkan tiga sudut kosong, (8) dua sudut lengkung, penutup dari halaman pinggir atau halaman pinggir lainnya, (9) dua sudut piramid, dua sudut kosong, (10) kipas satu sudut, bagian yang melebar dengan meninggalkan tiga sudut kosong, (11) palang halaman, seperti pita atau garis lebar, (12) seperempat halaman dengan halaman menjadi empat bagian. Irama garis dan irama arah garis terdapat di semua gambar coreng-moreng, namun tidak semua gambar memiliki garis kontras. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan saran, hendaknya orang tua dapat memilih kegiatan untuk anak yang sesuai dengan usia dan karakteristik mereka. Salah satunya adalah menggabar dan menghargai ide serta gagasan anak yang dituangkan dalam hasil gambarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 05:25
Last Modified: 22 Aug 2011 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3576

Actions (login required)

View Item View Item