KAJIAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PERMENDAGRI NO 33 TAHUN 2006 DI KABUPATEN BANJARNEGARA


Lugas Yan Prastowo , 6411415073 (2019) KAJIAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PERMENDAGRI NO 33 TAHUN 2006 DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PERMENDAGRI NO 33 TAHUN 2006 DI KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (KAJIAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERDASARKAN PERMENDAGRI NO 33 TAHUN 2006 DI KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan risiko bencana yang tinggi. Setidaknya terdapat 12 ancaman bencana yang digolongkan dalam bencana geologi, hiderometeorologi, dan antropogenik. Tanah longsor merupakan bencana yang paling sering terjadi di jawa tengah yaitu sebanyak 1007 kejadian atau 42% dari jumlah keseluruhan bencana yang terjadi pada kurun waktu 2015 sampai 2018. Kabupaten Banjarnegara merupakan daerah dengan risiko dan jumlah bencana Tanah longsor yang paling tinggi. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional maupun Daerah, mitigasi bencana merupakan upaya yang diutamakan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana. Dengan panduan umum mitigasi bencana yang tecantum dalam Permendagri No. 33 Tahun 2006. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi partisipatif yang bersifat pasif, dengan melakukan wawancara semi terstruktur. Dimana hasilnya akan diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi data. Hasil Penelitian Menunjukan pelaksanaan mitigasi bencana berdasarkan Permendagri No. 33 Tahun 2006 di Kabupaten Banjarnegara secara keseluruhan adalah sebanyak 18 kriteria terpenuhi dan hanya ada satu kriteria yang tidak terpenuhi, sehingga prosentasenya sebesar 94% dan masuk dalam kriteria penilaian memuaskan. Saran penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan upaya mitigasi bencana pada masing-masing instansi terkait dengan menyesuaikan tugas dan fungsi utama instansi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bencana, Mitigasi Bencana, Permendagri
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2020 18:33
Last Modified: 14 Apr 2020 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35759

Actions (login required)

View Item View Item