ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Guru SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kabupaten Blora)


Dwi Indriani Ayuningtyas , 7101414182 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Guru SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kabupaten Blora). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Guru SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kabupaten Blora)]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Guru SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kabupaten Blora)) - Published Version
Download (917kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang berkualitas akan berpengaruh pada sumber daya manusia yang berkualitas pula. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan salah satunya adalah kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel moderating. Faktor kinerja guru yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi disiplin kerja, kepemimpinan situasional, dan beban kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri Program Bisnis dan Manajemen Se-Kabupaten Blora sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, (2) kepemimpinan situasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (3) beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (4) motivasi kerja tidak mampu memoderasi disiplin kerja terhadap kinerja guru, (5) motivasi kerja mampu memoderasi kepemimpinan situasional terhadap kinerja guru, (6) motivasi kerja mampu memoderasi beban kerja terhadap kinerja guru. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan penelitian ini yaitu kepala sekolah diharapkan memberikan pengawasan serta dukungan terhadap kinerja guru agar tidak ada lagi tindak kecurangan dalam penyelesaian tugas yang diberikan. Selain itu, guru mengembangkan kemampuan dan keterampilannya melalui berbagai pelatihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Kepemimpinan Situasional, Beban Kerja, Kinerja Guru, Motivasi Kerja
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Basic Leadership Training
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 16:58
Last Modified: 14 Apr 2020 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35756

Actions (login required)

View Item View Item