IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI PADA GURU AKUNTANSI DAN GURU EKONOMI DI SMK DAN SMA SE-KABUPATEN WONOSOBO)


Windar Purwanti , 7101414091 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI PADA GURU AKUNTANSI DAN GURU EKONOMI DI SMK DAN SMA SE-KABUPATEN WONOSOBO). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI PADA GURU AKUNTANSI DAN GURU EKONOMI DI SMK DAN SMA SE-KABUPATEN WONOSOBO)]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI PADA GURU AKUNTANSI DAN GURU EKONOMI DI SMK DAN SMA SE-KABUPATEN WONOSOBO)) - Published Version
Download (913kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sudah dicanangkan dalam sejarah Indonesia sejak tahun 1947, bersamaan dengan diberlakukannya sistem kurikulum dalam pendidikan di Indonesia. Namun, sampai saat ini implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dinilai belum optimal. Banyak terjadi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan oleh pelajar, terutama pelajar usia SMK dan SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Akuntansi dan mata pelajaran Ekonomi di SMK dan SMA se-Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu guru Akuntansi dan guru Ekonomi yang berjumlah 109 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru Akuntansi dan guru Ekonomi berada pada kategori sudah sangat baik dan sudah baik. Untuk kategori sudah sangat baik meliputi nilai religius dengan rata-rata pencapaian (77,32%), jujur (83,51%), toleransi (83,51%), disiplin (70,10%), mandiri (57,73%), demokratis (62,89%), semangat kebangsaan (72,17%), menghargai prestasi (53,61%), bersahabat/komunikatif (72,16%), cinta damai (78,35%), dan tanggung jawab (57,73%). Sedangkan untuk kategori sudah baik meliputi nilai kerja keras (53,61%), kreatif (65,98%), rasa ingin tahu (64,95%), cinta tanah air (55,67%), gemar membaca (57,74%), peduli lingkungan (44,33%), dan peduli sosial (49,49%). Simpulan pada penelitian ini yaitu implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Akuntansi dan mata pelajaran Ekonomi sudah sangat baik untuk nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai dan tanggung jawab. Sedangkan untuk implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial sudah baik. Saran yang peneliti sampaikan kepada guru Akuntansi dan guru Ekonomi yaitu perlu adanya peningkatan dalam penerapan nilai-nilai pendidikan karakter baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Selain itu, guru Akuntansi dan Ekonomi perlu menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Misalnya untuk meningkatkan nilai kreatif dan rasa ingin tahu siswa, dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang menarik atau dengan menggunakan metode pembelajaran yang mencerminkan kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Karakter, Akuntansi, Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 13:56
Last Modified: 14 Apr 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35745

Actions (login required)

View Item View Item