PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS 12 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019


Ika Wahyuningsih , 7101414038 (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS 12 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS 12 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS 12 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan keseluruhan kondisi seseorang merespon sesuai dengan kemampuan pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam jenis pekerjaan yang dikerjakan dalam lingkungan kerja sesuai dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Pada tahun 2016, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan mengemukakan bahwa terdapat 1.296.246 orang lulusan SMK dengan 5.759.787 peluang kebutuhan tenaga kerja SMK. Hal ini menggambarkan bahwa kebutuhan tenaga kerja SMK sangat banyak. Namun, pada kenyataannya tingkat pengangguran terbuka dari lulusan SMK paling tinggi dibandingkan dengan tingkat pendidikan lain. Pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017, TPT SMK merupakan yang tertinggi dengan prosentase diatas 11%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja dengan motivasi kerja sebagai veriabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 program keahlian akuntansi di SMK Negeri 2 Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 96 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menjadikan seluruh anggota populasi sebagai responden (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh negatif terhadap kesiapan kerja, praktik kerja industri dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh negatif terhadap motivasi kerja sedangkan praktik kerja industri berpengaruh positif terhadap motivasi kerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh negatif terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja dan praktik kerja industri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja. Saran yang dapat diberikan adalah siswa perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia pasca sekolah terutama dalam hal pencarian pekerjaan dengan terus mengasah keterampilan, sikap maupun pengetahuan serta menambah informasi. Sekolah maupun orang-orang disekitar lingkungan siswa hendaknya mendukung siswa dalam pengembangan diri dan memberikan bekal pengetahuan serta informasi kepada siswa tentang dunia pasca sekolah sehingga siswa memiliki motivasi kerja yang tinggi dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Praktik kerja Industri, dan Motivasi Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 13:52
Last Modified: 14 Apr 2020 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35743

Actions (login required)

View Item View Item