HUBUNGAN ANTARA IMT, LINGKAR PINGGANG, RLPP, DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Karangjambu, Kabupaten Purbalingga)


Trinanda Agustina Sapta Ningrum , 6411413168 (2019) HUBUNGAN ANTARA IMT, LINGKAR PINGGANG, RLPP, DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Karangjambu, Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA IMT, LINGKAR PINGGANG, RLPP, DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI  (Studi Kasus di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Karangjambu, Kabupaten Purbalingga) ]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA IMT, LINGKAR PINGGANG, RLPP, DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (Studi Kasus di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Karangjambu, Kabupaten Purbalingga) ) - Published Version
Download (693kB) | Preview

Abstract

Persentase hipertensi pada individu yang overweight (24,5%) dan obesitas (27,5%) jauh lebih tinggi dibandingkan individu dengan berat badan normal (12,5%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara IMT, Lingkar Pinggang, RLPP dan Persentase Lemak Tubuh dengan kejadian Hipertensi. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling, dengan besar sampel minimal yaitu 79 sampel. Instrumen yang digunakan adalah electronic digital scale, microtoise, pita ukur, Bioelectrical Impedance Analysis (BIA), dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square untuk uji bivariat dan regresi logistik untuk uji multivariat dengan menggunakan perangkat software SPSS 16.0. Prevalensi obesitas berdasarkan IMT sebesar 59,5%, lingkar pinggang sebesar 63,3%, RLPP sebesar 63,3%, dan persentase lemak tubuh sebesar 55,7%. Prevalensi hipertensi sebesar 46,8 Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa pada variabel IMT (p = 0,012), lingkar pinggang (p = 0,004), rasio lingkar pinggang panggul (p = 0,001), dan persentase lemak tubuh (p = 0,000). Hasil uji multivariat didapatkan hasil bahwa indikator yang paling berhubungan dengan kejadian hipertensi adalah Persentase Lemak Tubuh. Saran penelitian ini adalah untuk lebih meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan diri terlebih bagi masyarakat yang memiliki IMT, lingkar pinggang, RLPP, dan presentase lemak tubuh diatas kategori normal contohnya dengan cara mengkonsumsi gizi seimbang, meningkatkan aktivitas fisik setiap hari, serta rutin datang ke posbindu agar tekanan darah terkontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, IMT, Lingkar Pinggang, RLPP, Persentase Lemak Tubuh
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Apr 2020 13:36
Last Modified: 14 Apr 2020 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35739

Actions (login required)

View Item View Item