HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS TELUR NYAMUK AEDES AEGYPTI PADA OVITRAP (Studi Kasus di Kelurahan Bongsari Semarang Barat)


Puji Rahayu , 6411412020 (2019) HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS TELUR NYAMUK AEDES AEGYPTI PADA OVITRAP (Studi Kasus di Kelurahan Bongsari Semarang Barat). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS TELUR NYAMUK AEDES AEGYPTI PADA OVITRAP (Studi Kasus di Kelurahan Bongsari Semarang Barat) ]
Preview
PDF (HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS TELUR NYAMUK AEDES AEGYPTI PADA OVITRAP (Studi Kasus di Kelurahan Bongsari Semarang Barat) ) - Published Version
Download (639kB) | Preview

Abstract

Kelurahan Bongsari merupakan kelurahan yang memiliki 33 kasus DBD pada triwulan pertama 2019, Selain itu Kelurahan Bongsari memiliki Jumlah penduduk 2.995 jiwa dengan jumlah KK 538 KK yang tersebar di 3 RW. Berdasarkan studi pendahuluan pengukuran indeks ovitrap densitas telur di kelurahan Bongsari dikatakan tinggi yaitu 60.75%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan tingkat densitas telur nyamuk Aedes aegypti pada ovitrap di Kelurahan Bongsari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 169 rumah dan sampel dipilih dengan metode simple random sampling. Analisis data dengan dua cara yaitu univariat dan bivariat. Univariat dilakukan dengan menampilkan tabel distribusi dan persentase dari setiap variabel, sedangkan bivariat dilakukan dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan tingkat densitas telur nyamuk Aedes aegypti termasuk kategori tinggi 69.2%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa variabel perilaku menguras tempat penampungan air, perilaku menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan memperbaiki saluran air berhubungan dengan tingkat densitas telur nyamuk Aedes aegypti pada ovitrap. Variabel yang tidak berhubungan adalah perilaku memasang kawat kasa. Berdasarkan hasil, tempat perindukan nyamuk harus dikurangi dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara tepat. Ovitrap dapat digunakan menjadi salah satu program untuk memutus siklus hidup nyamuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat densitas telur nyamuk Aedes aegypti, PSN, ovitrap
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Apr 2020 13:18
Last Modified: 14 Apr 2020 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35734

Actions (login required)

View Item View Item