IMPLEMENTASI PELAYANAN DI KELURAHAN SEKARAN


Amalia Siti Nurhayati , 7101413363 (2019) IMPLEMENTASI PELAYANAN DI KELURAHAN SEKARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PELAYANAN DI KELURAHAN SEKARAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PELAYANAN DI KELURAHAN SEKARAN) - Published Version
Download (734kB) | Preview

Abstract

Kelurahan Sekaran dipilih menjadi lokasi penelitian karena berdasarkan hasil observasi awal bahwa sebagai satu-satunya tempat pembayaran PBB sekecamatan Gunungpati. Hal ini tidak didukung dengan tidak adanya filling cabinet, sistem penyimpanan dan pemusnahan arsip yang tidak tepat, kecepatan pelayanan yang belum maksimal, tanggapan pegawai kelurahan yang tidak sesuai dengan keluhan masyarakat, ketidakakuratan informasi yang diterima oleh masyarakat dari kelurahan, dan pelayanan dengan respon yang lambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk : a) mengetahui cara pelayanan, b) hambatan yang dihadapi, c) cara menangani hambatan, d) cara pandang masyarakat mengenai pelayanan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah, 6 pegawai Kelurahan, dan 25 masyarakat Sekaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa a) Kelurahan Sekaran dinilai sudah baik dalam hal pelayanan, b) sarana dan prasarana yang cukup lengkap, c) melayani dengan cepat dan tepat, namun terkadang respon lambat dan tidak sesuai dengan keluhan. Pihak Kelurahan Sekaran masih mengalami beberapa hambatan dalam pelayanan. Hambatan tersebut adalah a) sarana pemberkasan yang kurang memadai, b) masyarakat yang tidak mengetahui syarat dan prosedur untuk melakukan suatu pelayanan, c) jam kerja yang terbatas, d) pemadaman listrik bergilir, e) pendatang yang tidak memiliki KTP musiman, f) masyarakat yang komplain kepada pihak Kelurahan Sekaran. Cara menangani hambatan tersebut adalah a) meminta sarana pemberkasan ke kelurahan terdekat, b) memberi tahu syarat dan prosedur yang berlaku, c) musyawarah dengan pegawai dan Lurah, d) menelepon pihak PLN. Cara pandang masyarakat mengenai pelayanan di Kelurahan Sekaran bahwa mayoritas masyarakat menilai pelayanan sudah cepat dari pada sebelumya, tanggap, dan ramah. Simpulan dari penelitian ini ternyata ada hambatan internal dan eksternal dalam melayani masyarakat. Saran yang diberikan untuk Kelurahan Sekaran adalah meminta pengadaan barang berupa sarana pemberkasan dengan jumlah lebih banyak. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang syarat dan prosedur pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pelayanan, Kelurahan
Subjects: L Education > L Education (General) > Individual Counseling Services
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 12:37
Last Modified: 14 Apr 2020 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35730

Actions (login required)

View Item View Item