PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA KRISTEN TERANG BANGSA TAHUN AJARAN 2018/2019 MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Vilakristiyanti , 7101413159 (2019) PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA KRISTEN TERANG BANGSA TAHUN AJARAN 2018/2019 MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMA KRISTEN TERANG BANGSA TAHUN AJARAN 2018/2019 MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
- Published Version
Download (791kB) | Preview |
Abstract
Kecurangan akademik adalah usaha yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan nilai yang baik dengan cara melakukan hal-hal yang tidak jujur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fraud Diamond (tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan) terhadap perilaku kecurangan akademik melalui kontrol diri sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Kristen Terang Bangsa Semarang berjumlah 117 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dengan menggunakan penghitungan berdasarkan rumus Slovin. Jumlah sampel berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data adalah angket. Penelitian menggunakan analisis data Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini adalah nilai signifikansi dari variabel tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan secara berturut- turut sebesar 0,01; 0,102; 0,000; 0,000. Selain itu, hasil penelitian yang lain adalah nilai signifikansi dari besarnya kontrol diri dalam memoderasi pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan secara berturut-turut adalah 0,10; 0,129; 0,003; 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah tekanan, rasionalisasi, kemampuan secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku kecurangan akademik. Sedangkan kesempatan tidak. Hasil penelitian lainnya adalah kontrol diri secara signifikan memoderasi pengaruh tekanan, rasionalisasi, kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik sedangkan kesempatan tidak. Kontrol diri memoderasi pengaruh tekanan, rasionalisasi, dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik. Sedangkan kontrol diri tidak memoderasi pengaruh kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian ini adalah siswa dapat meningkatkan kontrol diri sehingga sekalipun ada tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan tidak membuat mereka melakukan kecurangan akademik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fraud Diamond, Perilaku Kecurangan Akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Kontrol Diri |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 12:14 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 12:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35726 |
Actions (login required)
View Item |