PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Aprilia Rahmayanti , 7101413021 (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dapat diartikan sebagai perubahan perilaku, kemampuan, kualitas siswa setelah menerima pengalaman belajar melalui pengukuran dan penilaian kogitif, afektif maupun psikomotorik yang dapat dilihat dari alat-alat penilaian baik berupa tes maupun bukan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 153 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung sebesar 29.60% dan pengaruh tidak langsung sebesar 13.20%, sehingga total pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajar sebesar 42.80% . Terdapat pengaruh langsung sebesar 22.20% dan pengaruh tidak langsung sebesar 20.60%, sehingga total pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajar sebesar 42.70%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa fasilitas belajar dan keterampilan mengajar guru melalui motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Saran yang dapat diberikan bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran komputer akuntansi, sehingga saat pembelajaran siswa dapat mengembangkan pengetahuan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dan siswa diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas belajar yang disediakan pihak sekolah selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Komputer Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 12:06
Last Modified: 14 Apr 2020 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35725

Actions (login required)

View Item View Item