PENGARUH MOTIVASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG


Govinda Kurnia Aripradana , 7101412268 (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa SMA dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan belum siap terjun ke dunia kerja dikarenakan yang mereka pelajari ialah ilmu umum yang belum menjurus ke suatu bidang yang spesifik (PP no 17 tahun 2010). Namun masih banyak penulis temukan siswa sma yang langsung bekerja tanpa melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal ini sesuai dengan paparan bebeapa guru bk yang penulis temui di beberapa SMA. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan efikasi diri secara parsial, selanjutnya adakah pengaruh mengenai motivasi dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Populasi berjumlah 3639 siswa kelas XII SMA di Kabupaten Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA di 8 SMA negeri maupun swasta di Kabupaten Semarang tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 301 siswa diambil secara acak. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi dan efikasi diri berpengaruh secara simultan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 77,7% dimana 22,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini sesuai dengan teori minat Holland dimana jika dikaitkan dengan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka dapat dianalogikan bahwa minat siswa tersebut dipengaruhi oleh tipe kepribadian siswa yang datang dari faktor internal seperti motivasi siswa. Sementara secara parsial motivasi berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 57,8 % dan efikasi diri berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 12,5 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan maupun parsial variabel motivasi dan efikasi diri terhadap variabel minat siswa kelas XII di Kabupaten Semarang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua terkait informasi perguruan tinggi. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah diperlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen lingkungan sekolah maupun keluarga dalam mendukung siswa siswi melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Juga keaktifan siswa siswi dalam mencari informasi mengenai perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Motivasi, Efikasi Diri ,Minat Melanjutkn Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2020 11:56
Last Modified: 14 Apr 2020 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35723

Actions (login required)

View Item View Item