GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM BANJIR
Aulia Yuniar Sulistyo , 5302414047 (2018) GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM BANJIR. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (GAME EDUKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM BANJIR)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak— Bencana banjir merupakan salah bencana yang sering terjadi di Indonesia. Pengetahuan tentang bencana sudah seharusnya diberikan kepada masyarakat terutama anak anak di SD Negeri Sumurpanggang 3 Kota Tegal. Anak anak sejak usia dini harus diberi pemahaman yang tepat tentang bagaimana cara menghadapi bencana yang datang secara tiba tiba. Penelitian yang dilakukan antara lain : (1) membangun game edukasi, (2) mengetahui kelayakan game menurut ahli media dan materi (3) mengetahui kualitas game menurut aspek functional, compability, dan usability. Manfaat game edukasi tersebut bagi anak untuk mengetahui bahwa anak dapat mempelajari tentang siaga bencana banjir. Game dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode waterfall. Game edukasi ini bergenre simulasi, dibuat dengan menggunakan Unity Game Engine. yang diimplementasikan pada platform Android. Game edukasi diuji validitasnya oleh ahli media dan materi dalam tahap modelling storyline dan storyboard dan pengujian kelayakan aplikasi ISO 25010 menurut aspek functional suitability, compability, dan usability. Penerapan game edukasi dilakukan pada SD Negeri Sumurpanggang 3 Tegal dengan menggunakan kuesioner dan melakukan pengamatan pada siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Dalam membangun Game Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Alam Banjir ada beberapa tahapan yaitu pengumpulan kebutuhan, pembuatan gambar karakter, objek, audio dan game (2) Hasil ahli media diperoleh game dinyatakan “Setuju” untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif (3) Hasil ahli materi dikatakan “Sesuai” dengan teori siaga bencana banjir yang ada pada infografis siaga bencana banjir pada website BNPB. (4) Hasil uji kualitas perangkat lunak ditinjau menurut aspek functional suitability dari hasil pengujian 32 skenario uji diperoleh persentase sebesar 100%. (5) Hasil pengujian compability dari pengujian 4 Sistem Operasi Jellybean hingga Nougat diperoleh persentase 100% (6) Hasil pengujian usability mendapatkan persentase sebesar 82,2% (Sangat Layak) Saran pada penelitian lanjutan antara lain game simulasi siaga bencana yang ada di game baik pada pra, saat, maupun pasca bencana secara teori masih belum lengkap
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Game edukasi, Siaga Bencana Banjir. |
Subjects: | T Technology > Information and Computer T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 01:09 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 01:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35721 |
Actions (login required)
View Item |