SISTEM SELEKSI PESERTA DIDIK UNTUK KELAS UNGGULAN DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 39 SEMARANG)


Asri Afitiana , 5302414029 (2019) SISTEM SELEKSI PESERTA DIDIK UNTUK KELAS UNGGULAN DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 39 SEMARANG). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM SELEKSI PESERTA DIDIK UNTUK KELAS UNGGULAN DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 39 SEMARANG)]
Preview
PDF (SISTEM SELEKSI PESERTA DIDIK UNTUK KELAS UNGGULAN DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 39 SEMARANG)) - Published Version
Download (712kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 39 Semarang memiliki program kelas unggulan dengan berdasarkan kemampuan akademik. Namun proses seleksi kelas unggulan yang saat ini diterapkan baru menggunakan nilai rata-rata rapor saja. Hal tersebut dinilai kurang objektif dan kurang memuaskan serta penggunaan Microsoft Excel dengan jumlah peserta didik yang banyak seringkali rentan akan kesalahan sehingga pengambilan keputusan menjadi kurang efektif, akurat dan akuntabel. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu membangun suatu sistem pendukung keputusan yang efektif dalam menyeleksi peserta didik untuk kelas unggulan. Penelitian ini dibangun dengan menggunakan model waterfall yang dimulai dari analisis kebutuhan, perencanaan dan pemodelan sistem, serta pembuatan dan pengujian sistem. Sistem seleksi kelas unggulan menerapkan metode TOPSIS dengan kriteria meliputi nilai akademik mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta nilai sikap dan nilai ekstrakurikuler. Adapun sistem seleksi kelas unggulan diimplementasikan dalam pemrograman web dan diujikan dengan uji efektivitas. Hasil penelitian ini berupa sistem pendukung keputusan yang dapat menyeleksi 321 peserta didik menjadi 72 peserta didik dengan rangking 1-36 untuk kelas unggulan 1 dan rangking 37-72 untuk kelas unggulan 2. Adapun hasil uji efektivitas diukur melalui aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Aspek reliability memperoleh tingkat akurasi sebesar 100%, sedangkan aspek lainnya ditunjukkan berdasarkan ketersediaan layanan sistem dalam memperoleh hasil seleksi yang maksimal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum sistem seleksi kelas unggulan pada penelitian ini lebih efektif dibandingkan seleksi menggunakan nilai rata-rata rapor pada Microsoft Excel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: seleksi, kelas unggulan, TOPSIS
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Apr 2020 01:00
Last Modified: 14 Apr 2020 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35718

Actions (login required)

View Item View Item