PENGARUH LINGKUNGAN USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SISA HASIL USAHA ANGGOTA MELALUI PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD BANYUMANIK SEMARANG


Angela Merici Natalia , 7101415202 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SISA HASIL USAHA ANGGOTA MELALUI PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD BANYUMANIK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SISA HASIL USAHA ANGGOTA MELALUI PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD BANYUMANIK SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SISA HASIL USAHA ANGGOTA MELALUI PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD BANYUMANIK SEMARANG) - Published Version
Download (675kB) | Preview

Abstract

Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan anggotanya berdasarkan asas kekeluargaan. Salah satu hak yang diperoleh anggota ialah pembagian sisa hasil usaha berdasarkan jasa anggota. Sisa hasil usaha yang diperoleh masing-masing anggota berbeda satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan usaha dan kualitas usaha melalui partisipasi anggota sebagai variabel mediasi terhadap sisa hasil usaha anggota KUD Banyumanik Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 560 anggota KUD Banyumanik Semarang sebagai populasi. Dengan menggunakan rumus Slovin, diambil 85 anggota sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis jalur (path analysis), dan uji Sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel lingkungan usaha masuk dalam kriteria baik, kualitas pelayanan masuk dalam kriteria sangat baik, dan partisipasi anggota masuk dalam kriteria sangat baik. Analisis jalur menunjukkan hasil lingkungan usaha berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 27,5%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 11%. Lingkungan usaha berpengaruh langsung terhadap sisa hasil usaha anggota sebesar 27,4%, berpengaruh tidak langsung sebesar 12,2% melalui partisipasi anggota dan memiliki pengaruh total sebesar 39,6% terhadap sisa hasil usaha anggota. Kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap sisa hasil usaha anggota sebesar 5,4%, berpengaruh tidak langsung sebesar 7,7% melalui partisipasi anggota dan memiliki pengaruh total 13,1% terhadap sisa hasil usaha anggota. Sedangkan partisipasi anggota berpengaruh sebesar 5,4% terhadap sisa hasil usaha anggota. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa lingkungan usaha memiliki pengaruh signifikan baik secara langsung terhadap sisa hasil usaha anggota maupun tidak langsung melalui partisipasi anggota. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan baik secara langsung terhadap sisa hasil usaha anggota dan tidak langsung melalui partisipasi anggota. Disarankan bagi anggota koperasi untuk meningkatkan partisipasinya di koperasi sehingga dapat meningkatkan sisa hasil usaha anggota. Disarankan pula bagi pengurus koperasi hendaknya lebih memperhatikan lingkungan usaha yang berkaitan dengan anggota dan meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga partisipasi anggota semakin meningkat diikuti peningkatan sisa hasil usaha anggota dengan memperhatikan aspek-aspek di dalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Usaha, Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota dan Sisa Hasil Usaha Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 18:29
Last Modified: 13 Apr 2020 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35696

Actions (login required)

View Item View Item