ANALISIS GAP DAN STRATEGI PENINGKATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI KABUPATEN BREBES


Wiwiet Septiani Rahayu , 7111415004 (2019) ANALISIS GAP DAN STRATEGI PENINGKATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS GAP DAN STRATEGI PENINGKATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (ANALISIS GAP DAN STRATEGI PENINGKATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR DI KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Indonesia Pintar merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi masalah tingginya angka putus sekolah dengan memberikan bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin. Dalam pelaksanaan Program Indonesia Pintar masih terdapat kendalakendala seperti pencairan dana yang tidak tepat waktu dan penyalahgunaan dana Program Indonesia Pintar. Selain itu, Program Indonesia Pintar masih belum tepat sasaran karena masih didapati siswa yang tergolong mampu namun mendapatkan Program Indonesia Pintar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi dan perkembangan serta strategi peningkatan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis gap yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kondisi dan perkembangan implementasi Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes dan Analitycal Hierarchy Proccess (AHP) yang digunakan untuk menentukan urutan prioritas strategi peningkatan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi dan perkembangan implementasi Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes sudah cukup baik dengan persentase sebesar 45%. Sedangkan berdasarkan analisis AHP menunjukkan bahwa urutan prioritas strategi peningkatan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes secara berurutan adalah mekanisme, pengawasan dan evaluasi, kebijakan pemerintah dan sumber daya manusia. Berdasarkan prioritas tersebut, dalam upaya peningkatan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Brebes perlu adanya perbaikan mekanisme dalam penerapan Program Indonesia Pintar. Pengawasan dan evaluasi juga tidak boleh diabaikan dan harus dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pendidikan, Program Indonesia Pintar, Analisis Gap, Analytical Hierarchy Proccess (AHP).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 18:06
Last Modified: 13 Apr 2020 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35692

Actions (login required)

View Item View Item