ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PENGUNJUNG DESA WISATA BANJAREJO KABUPATEN GROBOGAN


Muhammad Arif Kurniawan , 7311415132 (2019) ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PENGUNJUNG DESA WISATA BANJAREJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PENGUNJUNG DESA WISATA BANJAREJO KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PENGUNJUNG DESA WISATA BANJAREJO KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (818kB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat mendorong perekonomian suatu daerah. Bisnis wisata kini telah berkembang di tengah persaingan antar destinasi wisata yang ketat. Pengelola destinasi wisata harus bisa bersaing untuk dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh electronic word of mouth, citra destinasi, dan keputusan berkunjung terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Banjarejo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung Desa Wisata Banjarejo Kabupaten Grobogan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 orang dengan menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan analisis jalur) dengan SPSS statistik versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth, citra destinasi, dan keputusan berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa variabel keputusan berkunjung mampu memediasi variabel electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap variabel kepuasan pengunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth, citra destinasi, dan keputusan berkunjung mampu meningkatkan kepuasan pengunjung. keputusan berkunjung juga mampu memediasi electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung. Pihak pengelola Desa Wisata Banjarejo disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan electronic word of mouth yang selama ini dilakukan melalui instagram dan sosial media lainya. Pengelola juga disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan citra Desa Wisata Banjarejo misalnya dengan menjaga dan merawat benda-benda bersejarah yang telah ditemukan, menambah fasilitas yang masih kurang seperti tempat duduk dan tempat sampah untuk diletakkan disetiap sudut tempat wisata, serta menjaga keberisihan objek wisata. Peneliti sadar bahwa dalam penelitian ini masih terdapat kekurangan. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu objek wisata maka dari itu untuk peneliti selanjutnya disarankan menggunakan variabel yang sama yaitu electronic word of mouth, citra destinasi, keputusan berkunjung, dan kepuasan pengunjung untuk dicoba pada objek wisata lainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Pengunjung.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 18:03
Last Modified: 13 Apr 2020 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35690

Actions (login required)

View Item View Item