PERAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN NAMA DOMAIN (PPND) DALAM PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL TERHADAP TINDAKAN TYPOSQUATTING DOMAIN SEBAGAI PENEGAKAN ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR)


SOFYAN , 8111415167 (2019) PERAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN NAMA DOMAIN (PPND) DALAM PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL TERHADAP TINDAKAN TYPOSQUATTING DOMAIN SEBAGAI PENEGAKAN ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN NAMA DOMAIN (PPND) DALAM PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL TERHADAP TINDAKAN TYPOSQUATTING DOMAIN SEBAGAI PENEGAKAN ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR)]
Preview
PDF (PERAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN NAMA DOMAIN (PPND) DALAM PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL TERHADAP TINDAKAN TYPOSQUATTING DOMAIN SEBAGAI PENEGAKAN ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan komersial dalam internet dibutuhkan pembuatan nama domain. Dewasa ini, semakin berkembang perbuatan typosquatting domain terhadap merek terkenal. Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) dibawah Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai salah satu lembaga penyelesaian sengketa diharapkan mampu memberi perlindungan hukum terhadap pemegang hak atas merek yang terciderai atas perbuatan typosquatting. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) dalam upaya melindungi merek terkenal terhadap tindakan typosquatting domain? 2) Bagaimana implikasi pemilik hak atas merek terkenal yang terciderai akibat perbuatan typosquatting domain? Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian normatif. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan jenis data menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengambilan data menggunakan metode dan pendekatan studi kepustakaan. Validitas dan realibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data dengan cara kelengkapan data sekunder yang telah didapat dianalisis secara kualitatif dan dikomparisi dengan data primer sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPND berbasis Online Dispute Resolution dapat menjadi wadah penyelesaian sengketa yang berkaitan antara merek terdaftar dan nama domain khususnya sengketa typosquatting secara efektif dikarenakan proses yang mudah dan cepat. PPND dapat menyelesaikan jenis sengketa yang berkaitan dengan merek terdaftar, nama domain terdaftar, dan pengelolaan nama domain registran dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan keberatan ke sekretariat PPND. Implikasi perbuatan typosquatting domain terhadap merek terkenal dapat merugikan pemegang hak atas merek dikarenakan erat kaitannya dengan pendomplengan reputasi yang rentan terciderai. Perbuatan yang dapat dikategorikan typosquatting harus memenuhi ketentuan yang termaktub pada Butir 6 Kebijakan PPND Versi 7.0. Saran untuk masyarakat dan praktisi agar dapat dijadikan sebagai pedoman untuk dapat menyelesaikan sengketa nama domain dan merek melalui PPND dan saran untuk PANDI agar dapat menciptakan kebijakan preventif pada saat pendaftaran nama domain guna dapat menekan peluang terjadinya kejahatan cybercrime khususnya typosquatting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND, Merek Terkenal, Typosquatting.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 17:58
Last Modified: 13 Apr 2020 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35689

Actions (login required)

View Item View Item