PENGGUNAAN TANAH SEMPADAN SUNGAI UNTUK BANGUNAN DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK


HALIM ADY KURNIAWAN , 8111415214 (2019) PENGGUNAAN TANAH SEMPADAN SUNGAI UNTUK BANGUNAN DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN TANAH SEMPADAN SUNGAI UNTUK BANGUNAN DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (PENGGUNAAN TANAH SEMPADAN SUNGAI UNTUK BANGUNAN DI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (892kB) | Preview

Abstract

Di sepanjang Sungai Batursari yang berada di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak terdapat bangunan atau pemukiman milik warga yang berdiri di atas tanah sempadan sungai. Hal ini juga di manfaatkan oleh warga penghuni sempadan sungai untuk membuka tempat usaha dan juga sekaligus untuk tempat tinggal. Sehingga fungsi dari sempadan sungai yang sebenarnya untuk penghijauan atau kepentingan umum lainya menjadi hilang. Dulu warga yang menempati lahan sempadan sungi ini membayar hak sewa kepada PSDA untuk menempati lahan sempadan sungai tersebut, tetapi dengan sifat bengunan yang non permanen. Ada juga warga yang membangun bangunan secara ilegal tanpa membayar sewa kepada PSDA. Namun pada tahun 2016 sistem hak sewa tersebut telah di cabut dan di tarik, sehingga bangunan milik warga yang masih berdiri pada saat ini bersifat ilegal. Yang membuat fungsi dari sempadan sungai saat ini menjadi menghilang karena masih ada bangunan milik warga yang berdiri di atas sempadan sungai. Berdasarkan latar belakang maka terdapat masalah yang timbul, yaitu Apa penyebab warga membangun rumah atau pemukiman di sempadan sungai di desa Batursari? Kemudian, bagaimana tanggapan pemerintah dan PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) atas adanya bangunan rumah atau pemukiman milik warga yang berdiri di atas bangunan sempadan sungai di desa Batursari? Pendekatan penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis-empiris. Teknik Pengambilan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan suatu data untuk keperluan pengecekan, yaitu wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Batursari yang membangun bangunan di sempadan sungai karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu faktor ekonomi, faktor budaya, faktpr politik dan faktor sosial. Faktor-faktor itulah yang menyebabkan warga membangun bangunan di sekitar sempadan sungai dan tindakan atau tanggapan dari pemerintah sendiri yaitu akan menindak tegas warga yang masih mendirikan bangunan di kawasan sempadan sungai tersebut karena ijin dari mendirikan bangunan tersebut telah selesai pada tahun 2016 yang lalu. Berdasarkan hasil kesimpulan, saran yang dapat diberikan yaitu warga masyarakat harus patuh dengan peraturan undang-undang yang berlaku sehingga sempadan sungai tersebut dapat digunakan sebagaimana fungsinya agar dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup yang berada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Tanah, Sempadan Sungai.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 17:52
Last Modified: 13 Apr 2020 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35688

Actions (login required)

View Item View Item