FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan Dan Desa Pakis Kecamatan Bringin)


Mia Ema Amalia , 6411415077 (2019) FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan Dan Desa Pakis Kecamatan Bringin). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan Dan Desa Pakis Kecamatan Bringin)]
Preview
PDF (FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan Dan Desa Pakis Kecamatan Bringin)) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Penggunaan pestisida secara terus menerus dapat menyebabkan keracunan pestisida berupa penurunan kadar kolinesterase. Pemeriksaan kolinesterase di Kabupaten Semarang diperoleh hasil bahwa terdapat petani mengalami penurunan kadar kolinesterase tingkat tinggi dan rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian keracunan pestisida pada petani. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan case control. Sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu 17 responden pada kelompok tinggi/kasus dan 17 responden pada kelompok rendah/kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, dan analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian : faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian keracunan pestisida pada petani di Desa Kadirejo dan Pakis antara lain, tingkat pengetahuan dengan p-value = 0,038 (OR = 5,958), cara pencampuran pestisida dengan p-value = 0,034 (OR = 6,667), dan penggunaan APD dengan p-value = 0,028 (OR = 8,438). Saran dalam penelitian ini adalah agar petani menggunakan alat pelindung diri dengan lengkap, melakukan teknik pencampuran dengan baik dan benar sesuai pedoman, dan aktif mengikuti penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Risiko, Keracunan Pestisida, Kolinesterase
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2020 12:36
Last Modified: 13 Apr 2020 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35678

Actions (login required)

View Item View Item