ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI DEMAK NOMOR 50 TAHUN 2017 TENTANG DEMAK BEBAS BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung II Demak)


Ais Dafitri , 6411415066 (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI DEMAK NOMOR 50 TAHUN 2017 TENTANG DEMAK BEBAS BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung II Demak). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI DEMAK NOMOR 50 TAHUN 2017 TENTANG DEMAK BEBAS BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung II Demak)]
Preview
PDF (ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI DEMAK NOMOR 50 TAHUN 2017 TENTANG DEMAK BEBAS BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung II Demak)) - Published Version
Download (628kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari STBM Kementerian Kesehatan Indonesia, pada tahun 2017 akses sanitasi di Kabupaten Demak paling rendah berada di wilayah Puskesmas Wedung II sebesar 60,9 %. Hanya ada satu desa dari 20 desa yang sudah verified Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Wedung. Upaya untuk menanggulangi permasalahan yang ada, pemerintah Kabupaten Demak menetapkan Peraturan Bupati Demak nomor 50 tahun 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Bupati Demak nomor 50 tahun 2017 di wilayah kerja Puskesmas Wedung II. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan utama adalah kepala desa dan kader kesehatan ( masing-masing informan utama diambil dari 2 desa dengan tingkat BABS yang paling tinggi dan paling rendah di wilayah kerja Puskesmas Wedung II) Hasil penelitian menunjukan aspek standar dan sasaran kebijakan sudah optimal. Aspek yang belum optimal dalam implementasi peraturan Bupati Demak nomor 50 tahun 2017 adalah sumber daya, komunikasi antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi lingkungan dan sikap pelaksana. Saran penelitian ini adalah pemerintah desa sebaiknya memiliki standar operasional khusus untuk menjalankan program desa ODF agar pelaksanaan lebih terstruktur dan terarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Implementasi, ODF
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2020 12:28
Last Modified: 13 Apr 2020 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35676

Actions (login required)

View Item View Item