SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DAN FLU TULANG DENGAN METODE FORWARD CHAINING


Hafiyyan Anwaruddin , 5302412079 (2019) SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DAN FLU TULANG DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DAN FLU TULANG DENGAN METODE FORWARD CHAINING]
Preview
PDF (SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DAN FLU TULANG DENGAN METODE FORWARD CHAINING) - Published Version
Download (976kB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan hal terpenting bagi manusia. Namun, sebagian besar masyarakat seringkali menyepelekan gigitan nyamuk yang merupakan vektor dari penyakit demam berdarah dengue atau flu tulang. Beberapa gejala dari penyakit demam berdarah dengue atau flu tulang yang harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pakar yang menggunakan metode forward chaining agar dapat menghasilkan keputusan diagnosis awal sesuai dengan diagnosis dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode forward chaining ke dalam sistem pakar diagnosis penyakit demam berdarah dengue atau flu tulang, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaannya. Sistem pakar ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan SQL. Prosedur pengembangan yang digunakan pada sistem adalah metode pengembangan model waterfall. Metode waterfall melakukan analisis terstruktur dan sistematis pada setiap langkah sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya (Han J dan Kamber M, 2006). Tahapannya dimulai dari analisis, design, implementation / coding, testing / verification, dan maintenance. Pengujian terhadap sistem pakar dilakukan dengan pengujian berbasis ISO 9126 meliputi aspek efficiency, aspek portability, aspek usability dan aspek functionality. Hasil pengujian diperoleh dari pengujian program berbasis ISO 9126 yang terdiri dari aspek efficiency, aspek portability, aspek usability dan aspek functionality. Hasil pengujian efficiency aspek time behavior melalui website https://gtmetrix.com diperoleh load time 1,4s dengan page speed score A(92%). Hasil pengujian portability dengan menguji website dengan berbagai macam browser diperoleh website dapat berjalan dengan baik di berbagai browser baik desktop maupun mobile. Hasil pengujian usability dengan uji ahli sistem didapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 86,36% dengan hasil sangat baik. Hasil pengujian aspek functionality dengan pengujian black box didapatkan semua fitur, input dan output sistem dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Penyakit Demam Berdarah Dengue, Penyakit Flu Tulang, Forward Chaining, ISO 9126
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2020 17:38
Last Modified: 09 Apr 2020 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35640

Actions (login required)

View Item View Item