PILIHAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH AGAMA ISLAM EMHA AINUN NADJIB


Aulia Mufida , 2111415015 (2019) PILIHAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH AGAMA ISLAM EMHA AINUN NADJIB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PILIHAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH AGAMA ISLAM EMHA AINUN NADJIB]
Preview
PDF (PILIHAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH AGAMA ISLAM EMHA AINUN NADJIB) - Published Version
Download (787kB) | Preview

Abstract

Ceramah merupakan bagian dari pidato yang memiliki tujuan memberikan nasihat atau materi kepada pendengar. Ada beberapa penceramah yang memiliki karakteristik khas dalam tuturannya, salah satunya adalah Emha Ainun Nadjib atau yang biasa dipanggil Cak Nun. Emha Ainun Nadjib dikenal sebagai seniman, budayawan, penyair, dan pemikir yang menularkan gagasannya melalui buku-buku yang ditulisnya. Selain itu Emha juga salah seorang mubalig yang aktif dalam kegiatan mensyiarkan agama Islam atau berdakwah. Sebagai pendakwah dengan jemaah yang heterogen mengharuskan Emha untuk melakukan pemilihan bahasa sesuai dengan kebutuhan penutur dan pendengarnya. Tujuan pokok penelitian ini ialah mendeskripsikan wujud pilihan bahasa dalam wacana dakwah agama Islam Emha Ainun Nadjib, yang kemudian dianalisis untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pilihan bahasa dalam melaksanakan dakwahnya. Selanjutnya, penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan teori linguistik terutama dalam bidang sosiolinguistik. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan informasi mengenai pilihan bahasa oleh Emha Ainun Nadjib sebagai usaha untuk menarik minat masyarakat dalam belajar agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologis berupa metode deskriptif kualitatif dan pendekatan teoretis menggunakan pendekatan sosiolinguistik yang menggabungkan ilmu bahasa dan ilmu sosial. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Metode dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan metode padan dengan subjenis referensial. Metode dan teknik yang digunakan menyajikan hasil analisis data adalah metode formal dan informal. Di dalam penelitian ini terdapat empat puluh enam data yang dihasilkan. Di antaranya ada enam belas penggalan wacana dakwah berwujud campur kode, dua Sembilan belas penggalan wacana berwujud alih kode, dan sepuluh penggalan wacana berwujud variasi bahasa yang sama. Faktor-faktor yang memengaruhi pilihan bahasa di antaranya, faktor latar, faktor topik pembahasan, faktor mitra tutur, dan fungsi tuturan. Dari penelitian yang telah dianalisis, dideskripsikan, dan dipaparkan, hendaknya dapat memberikan gambaran bagi pembaca tentang bagaimana pilihan bahasa yang baik ketika berdakwah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, pilihan bahasa, wacana dakwah.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Apr 2020 18:33
Last Modified: 07 Apr 2020 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35618

Actions (login required)

View Item View Item