MODIFIKASI EMPTY VANE DETECTOR PADA MESIN PACKER DI PERUSAHAAN ROKOK (STUDI KASUS PT DJARUM SIGARET KRETEK MESIN GRIBIG, KUDUS)


Atika Ni’mah , 5301415048 (2019) MODIFIKASI EMPTY VANE DETECTOR PADA MESIN PACKER DI PERUSAHAAN ROKOK (STUDI KASUS PT DJARUM SIGARET KRETEK MESIN GRIBIG, KUDUS). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODIFIKASI EMPTY VANE DETECTOR PADA MESIN PACKER DI PERUSAHAAN ROKOK (STUDI KASUS PT DJARUM SIGARET KRETEK MESIN GRIBIG, KUDUS)]
Preview
PDF (MODIFIKASI EMPTY VANE DETECTOR PADA MESIN PACKER DI PERUSAHAAN ROKOK (STUDI KASUS PT DJARUM SIGARET KRETEK MESIN GRIBIG, KUDUS)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi menuju industri 4.0 berimbas pada Perusahaan Rokok. Proses produksi rokok telah menggunakan mesin-mesin canggih. Salah satu mesin yang banyak digunakan perusahaan rokok adalah mesin Focke & Co asal Jerman. Mesin ini memiliki teknologi yang canggih dan handal. Namun, part mesin ini memiliki harga yang relatif mahal. Salah satu part mesin Packer Focke & Co adalah Empty Vane Detector tipe B350S0037. Tujuan penelitian adalah melakukan perancangan modul Empty Vane Detector sebagai alternatif Empty Vane Detector tipe B350S0037 Focke & Co pada proses pengemasan rokok dengan kualitas kinerja yang sama dengan biaya yang lebih terjangkau. Metode penelitian ini adalah Research and Development. Berdasarkan metode tersebut dilakukan analisa Empty Vane Detector B350S0037 guna merancang modifikasi Empty Vane Detector. Kemudian dilakukan uji produk dan pemakaian guna mengetahui kualitas modifikasi Empty Vane Detector dibanding produk asli dan uji kelayakan berupa angket yang dilakukan di lokasi studi kasus yaitu PT Djarum SKM Gribig, Kudus. Hasil penelitian adalah Empty Vane Detector hasil modifikasi memiliki kualitas hampir sama dan dianggap layak sebagai alternatif lain Empty Vane Detector tipe B350S0037, dibuktikan dengan pengukuran dimana modifikasi Empty Vane Detector memiliki rentang jarak yang sama terhadap produk asli, prinsip kerja sensor 100% sama, temperature deteksi tidak jauh berbeda dengan produk asli, sensitivitas deteksi rokok dengan tingkat error rendah, dan hasil uji kelayakan melalui angket dengan hasil sangat layak dan layak, serta Empty Vane Detector modifikasi meminimalisir 90% biaya pada lokasi studi kasus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Focke & Co, Empty Vane Detector
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2020 17:25
Last Modified: 09 Apr 2020 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35609

Actions (login required)

View Item View Item