PEMBUATAN POWER SUPPLY DENGAN TEGANGAN KELUARAN VARIABEL MENGGUNAKAN KEYPAD BERBASIS ARDUINO UNO


Muhammad Evanly Nurlana , 5301413079 (2019) PEMBUATAN POWER SUPPLY DENGAN TEGANGAN KELUARAN VARIABEL MENGGUNAKAN KEYPAD BERBASIS ARDUINO UNO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBUATAN POWER SUPPLY   DENGAN TEGANGAN KELUARAN VARIABEL MENGGUNAKAN KEYPAD BERBASIS  ARDUINO UNO ]
Preview
PDF (PEMBUATAN POWER SUPPLY DENGAN TEGANGAN KELUARAN VARIABEL MENGGUNAKAN KEYPAD BERBASIS ARDUINO UNO ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

power supply analog pada umumnya masih menggunakan putaran analog (potensiometer) untuk pengoperasiannya, sehingga dibutuhkan ketelitian tinggi untuk mendapatkan tegangan keluaran langsung sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan pengguna. Penelitian ini betujuan untuk membuat power supply digital berbasis mikrokontroler menggunakan keypad sebagai setting tegangan keluaran dan mengetahui tingkat kesalahan (error) tegangan keluaran power supply. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Rekayasa (Methods Engineering). Langkah-langkah metode rekayasa meliputi ide, konsep, perencanaan, desain, pengembangan, dan peluncuran dari prototipe power supply yang telah dibuat. Hasil dari penelitian menunjukkan tegangan keluaran power supply yang telah disetting tegangannya melalui keypad menunjukkan hasil yang baik, dimana nilai error antara setting tegangan yang ditampilkan pada layar LCD dengan pembacaan pada alat ukur voltmeter digital terdapat selisih tegangan error ratarata sebesar 0,02 Volt tanpa beban dengan persentase rata-rata error 0,76% dan selisisih tegangan error rata-rata sebesar 1,005V setelah diberi beban lampu pijar 7 watt dengan persentase rata-rata error 1,80%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Power Supply, Mikrokontroler, Keypad, Tegangan Keluaran
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Apr 2020 14:24
Last Modified: 07 Apr 2020 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item View Item