PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN


Muhammad Afiyan F. , 5301412049 (2019) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN ) - Published Version
Download (759kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran konvensional di era sekarang dirasa kurang relevan dengan sarana dan prasarana yang modern. Penunjang hasil pembelajaran sudah sangat banyak dan beragam salah satunya media pembelajaran daring (e-learning) untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti keterbatasan ruang dan waktu. Maka peran media sangat dibutuhkan. E-learning yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu Chamilo, e-learning yang memudahkan guru untuk membuat dan mengelola kelas virtual. Pembelajaran yang sesuai untuk chamilo adalah model flipped classroom yaitu pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan menuntut siswa lebih mandiri. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan One Groups PretestPosttest Design dan kelas X TAV sebagai kelas eksperimen karena hanya menggunakan satu kelas. desain penelitian ini terdapat pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh metode flipped classrom berbasis Chamilo mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TAV di SMK Roudlotul Mubtadiin Jepara. Pemilihan sampel dengan cara sampling purposive. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan pretest, posttest dan angket untuk memperoleh respon siswa terhadap media pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data bahwa uji t hasil belajar siswa antara pretest dan posttest diperoleh nilai thitung 16,287> ttabel 1,6955, didukung dengan nilai rata-rata posttest meningkat. Dan skor gain kelas eksperimen sebanyak 0,43. Serta hasil skor angket respon siswa sebesar 84.27%. Sehingga pembelajaran metode flipped classroom berbasis Chamilo dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran daring, Chamilo, Flipped classroom, Gambar Teknik
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Apr 2020 14:05
Last Modified: 07 Apr 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35586

Actions (login required)

View Item View Item