PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Joko Dwi Hermanto , 2101415100 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP)
- Published Version
Download (889kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di tiga sekolah, yaitu SMP Negeri 21 Semarang, SMP Negeri 35 Semarang, dan SMP Negeri 41 Semarang, diketahui bahwa pendidik dan peserta didik hanya menggunakan buku teks Bahasa Indonesia sebagai sumber belajar, terutama pada materi menceritakan kembali teks fabel dalam bentuk tulis. Materi yang disajikan masih bersifat umum dan kurang mendalam. Sehingga, peserta didik masih mengalami banyak kendala dan belum mampu untuk menceritakan kembali teks fabel dalam bentuk tulis, karena hanya mengandalkan materi seadanya yang mereka terima dari pendidk maupun sumbersumber umum yang mereka dapatkan. Relevan dengan kondisi tersebut, maka diperlukan adanya buku yang berkaitan dengan materi tersebut. Oleh karena, perlu dikembangkan buku pengayaan menulis teks fabel yang dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan peserta didik. Penelitian ini mengkaji beberapa permasalahan, diantaranya: (1) bagaimana hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, (2) bagaimana prinsipprinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, (3) bagaimana bentuk pengembangan prototipe (draf) buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, dan (4) bagaimana penilaian dan saran perbaikan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, (2) mengetahui prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, (3) mengetahui bentuk prototipe (draft) buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP, dan (4) mengetahui penilaian dan saran perbaikan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab bagi peserta didik kelas VII SMP.ix Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, Research and Development (R&D). Pada penelitian ini langkah-langkah penelitian hanya dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, dan (5) revisi desain produk. Sumber penelitian ini adalah pendidik, peserta didik, dan dosen ahli. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dan angket. Observasi dan wawancara tidak terstruktur dilakukan untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi buku pengayaan tentang teks fabel yang ada di sekolah-sekolah. Sedangkan, Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan dan angket uji validasi. Angket kebutuhan ditujukkan kepada pendidik dan peserta didik dengan tujuan untuk mendapatkan data kebutuhan dalam pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab. Sedangkan angket uji validasi ditujukkan kepada dosen ahli yang ahli dalam bidang pembelajaran sastra dan juga ahli dalam bidang pengembangan buku pengayaan. Angket uji validasi ini dapat membantu peneliti untuk dapat mengetahui saran dan perbaikan yang harus dilakukan, sehingga buku pengayaan yang dikemmbangan dapat diperbaiki dengan baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab yang menghasilkan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Pendidik dan peserta didik berharap buku pengayaan yang sesuai dengan tingkat penguasaan dan pemahaman peserta didik, disusun dengan menarik dan lengkap, menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami, disertai dengan contoh-contoh teks cerita fabel yang dapat menambah wawasan serta memberikan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab terdiri dari lima aspek, yaitu (1) aspek materi atau isi, (2) aspek penyajian materi, (3) aspek pengintegrasian muatan, (4) aspek bahasa dan keterbacaan, dan (5) aspek kegrafikan. Ketiga, prototipe buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab. Buku pengayaan ini terdiri dari, kulit buku, bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku. Kulit buku terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) kulit depan buku, (2) kulit belakang buku, dan (3) punggung buku. Pada bagian awal terdiri atas empat komponen, yaitu (1) halaman judul, (2) halaman penerbitan, (3) halaman prakata, dan (4) daftar isi. Bagian isi buku terdiri atas empat bab, yaitu (1) mengenal teks fabel, (2) menulis teks fabel, (3) meneladani nilai karakter jujur dan tanggung jawab, dan (4) menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab. Sedangkan pada bagian akhir buku terdiri dari profil penulis, glosarium, dan daftar pustaka. Keempat, hasil penilaian terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab yang dilakukan oleh dosen ahli. Hasil penilaian dan perbaikan pada aspek kelayakan isi/materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 83,7. Pada aspek penyajian materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,2, sehingga pada aspek penyajian materi termasuk dalam kategori sangat baik. Pada aspek bahasa dan keterbacaanx termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 81,2. Pada aspek kelayakan grafika termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 81,9. Dan pada aspek yang terakhir yaitu aspek kelayakan muatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab juga termasuk dalam kategori sangat baik dengan ratarata nilai sebesar 87,5. Kelima, perbaikan berdasarkan penilaian dan saran perbaikan dari dosen ahli, peneliti melakukan perbaikan pada buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab, yaitu (1) jenis huruf pada judul buku menggunakan font yang lebih jelas dan diperbesar supaya keterbacaan judul buku jelas dan menarik, (2) pada cover buku diberikan ilustrasi yang dapat merangsang nilai karakter jujur dan tanggung jawab, dan (3) tata letak judul buku diperbaiki. Berdasarkan temuan penelitian diatas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) peserta didik hendaknya mau menerima dan menggunakan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab untuk menambah wawasan dan pengetahuannya, (2) pendidik dapat menggunakan buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab sebagai pendamping buku teks sehingga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan tentang teks fabel, dan (3) perlunya penelitan lebih lanjut untuk menguji buku pengayaan menulis teks fabel bermuatan nilai karakter jujur dan tanggung jawab sehingga dapat digunakan dengan maksimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menulis, teks fabel, nilai karakter jujur dan tanggung jawab. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 22:34 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 22:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35566 |
Actions (login required)
View Item |