PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI TES PENEMPATAN LEVEL DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS PICTURE ICT BAGI PEMELAJAR ASING


Ahmad Fajar Habibi , 2101415090 (2019) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI TES PENEMPATAN LEVEL DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS PICTURE ICT BAGI PEMELAJAR ASING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI TES PENEMPATAN LEVEL DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS PICTURE ICT BAGI PEMELAJAR ASING]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI TES PENEMPATAN LEVEL DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS PICTURE ICT BAGI PEMELAJAR ASING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peminat BIPA saat ini menjadi populer dikalangan penutur asing. Hal ini dibuktikan dengan data dari laman darmasiswa.kemendikbud.go.id, sejak tahun 2003 sampai 2015 mengalami banyak peningkatan partisipan. Dari 87 partisipan sampai menjadi 779 di tahun 2011 dan setelah itu naik turun dengan stabil. Di sisi lain dengan Jaringan Lembaga Progam BIPA atau yang disebut juga dengan Jaga BIPA, pada tahun 2019 tercatat 256 lembaga resmi yang ada di seluruh dunia, yang ditempatkan di 28 negara termasuk Indonesia. Akan tetapi saat ini belum ada tes penempatan level dalam pembelajaran BIPA yang dapat digunakan untuk menempatkan peserta BIPA pada level yang sesuai secara optimal dan valid. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah peneliti ini yaitu 1)Bagaimana analisis kebutuhan alat evaluasi “placement test” terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Semarang? 2)Bagaimana langkah pengembangan alat evaluasi “placement test” bagi penutur asing di Semarang? 3)Bagaimana konsep alat evaluasi “placement test” bagi penutur asing di Semarang? 4)Bagaimana hasil uji ahli mengenai alat evaluasi “placement test” bagi penutur asing di Semarang? 5)Bagaimana perbaikan alat evaluasi “placement test” bagi penutur asing di Semarang? Penelitian ini menggunakan pendekatan Reasearch and Development (R&D). Langkah yang digunakan yaitu, 1)potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa data kebutuhan produk yang bersumber dari pemelajar dan pengajar/pengelola BIPA, dan data penilaian produk yang bersumber dari pengajar BIPA dan dosen ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kebutuhan, wawancara mendalam, focus group discussion (FGD), study dokumentasi, dan penilaian. Intrumen yang digunakan sebagai penunjang yaitu daftar angket, pedoman wawancara, pustaka, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian yaitu Dengan aspek keterampilan membaca, menulis, dan tata bahasa. Hasil penelitian Hasil penilaian validator berupa kategori dari kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik. Hasil dari penilaian dari dosen ahli adalah 57,1% dalam kategori cukup baik dan 42,9% kategori baik untuk aspek grafika. 40% cukup baik dan 60% baik dalam kategori isi tes. 75% cukup baik dan 25% baik pada kategori bahasa. Hasil penilaian disertai dengan saran untuk perbaikan produk. Hasil penilaian dari pengajar BIPA adalah 28,6% kurang, 57,1% cukup baik, dan 14,3% baik untuk aspek grafika. 60% cukup baik dan 20% baik pada aspek isi. 25% kurang, 50% cukup baik, dan 25% baik pada aspek bahasa. 5) saran perbaikan berupa memodifikasi soal, tampilan, fitur dan sistem penilaian. Saran bagi pengajar atau pengelola BIPA yang hendaknya mempersiapkan fasilitas yang memadai apabila penggunaan alat evauasi tes penempatan level BIPA ini diterapkan. Bagi peneliti lain, perlu adanya penelitian lebih lanjut berkait efektivitas produk dalam pembelajaran BIPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tes penempatan, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Picture ICT
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 22:30
Last Modified: 06 Apr 2020 22:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35565

Actions (login required)

View Item View Item