KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO


Azizah Mukaromah , 2101415086 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam kegiatan mengajar untuk meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penulis melakukan uji media yang digunakan dalam keterampilan menulis cerpen dengan model quantum teaching. Media yang diuji yaitu media video animasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) bagaimana keefektifan model quantum teaching dengan media video animasi pada kelompok eksperimen dalam keterampilan menulis cerpen, 2) bagaimana keefektifan model konvensional dengan media video animasi pada kelompok kontrol dalam keterampilan menulis cerpen. Manfaat dalam penelitian ini dapat bermnafaat secara teoritis dan praktis. Secara teoritis, diharapkan dapat bermanfaat dalam pemilihan model quantum teaching untuk keterampilan menulis cerpen. Sedangkan secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam memilih model quantum teaching dengan media video animasi guna meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI di SMA Negeri 5 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis cerpen siswa kedua kelompok sebelum diberikan perlakuan nilai rata-rata sebesar 67,94 pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 68,76. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai probabilitas pada kedua kelompok adalah 0,761 > 0,05 yang berarti Ha ditolak tidak terdapat perbedaan nilai pretest pada kedua kelompok. Hasil nilai rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan sebesar 71,66 pada kelompok kontrol, sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-rata sebesar 90,62. Data tersebut menunjukkan bahwa uji beda nilai probabilitas pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 0,000 (< 0,05) yang berarti Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan nilai posttest pada kedua kelompok. Selanjutnya hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, Ho ditolak terdapat perbedaan. Sementara itu hasil pretest dan posttest pada kelompok kontrol menunjukkan signifikansi 0,097 > 0,05 yang berarti Ho diterima, Ha ditolak tidak terdapat perbedaan. Hasil pretest dan posttest kedua kelompok eksperimen memiliki signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, Ho ditolak terdapat perbedaan. Hal ini berarti antara nilai penggunaan model konvensional dengan media video animasi dan nilaivii penggunaan model quantum teaching dengan media video animasi terdapat perbedaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan model konvensional tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada kelompok kontrol. Jadi, keterampilan menulis cerpen lebih efektif apabila menggunakan model pembelajaran quantum teaching disertai dengan media video animasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru bahasa Indonesia hendaknya berinovasi dalam memilih media, model, strategi pembelajaran dan bahan ajar agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan media video animasi dengan disertai model quantum teaching dapat menjadi alternatif dalam keterampilan menulis cerpen. Selain itu, peneliti dapat menjadikan model quantum teaching dengan media video animasi sebagai referensi untuk melakukan penelitian dengan objek kajian pembelajaran keterampilan menulis teks yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media video animasi, model quantum teaching, keterampilan menulis cerpen.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 22:22
Last Modified: 06 Apr 2020 22:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35563

Actions (login required)

View Item View Item