PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA


Fahrudin Bustomi , 2101415096 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA) - Published Version
Download (614kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran menulis teks biografi di sekolahan masih belum menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga perlu dikembangkan. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Melalui buku pengayaan, diharapkan peserta didik dapat menguasai konsep menulis teks biografi, mendapatkan pengetahuan yang luas mengenai menulis teks biografi beserta contohnya. Buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai humanis dikembangkan agar peserta didik menghargai sikap maupun tindakan untuk menghargai antar sesama dan menjadi pribadi yang baik. Permasalahan penelitian yang dirumuskan (1) bagaimana analisis kebutuhan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas X SMA dan guru, (2) bagaimana karakteristik buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis, (3) bagaimana prototipe buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas X SMA, dan (4) bagaimana penilaian dan saran perbaikan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan menulis teks biografi dan data hasil validasi. Sumber data diperoleh dari peserta didik dan guru. Sumber data yang berasal dari tiga sekolah SMA Negeri 1 Ambarawa, SMA Negeri 12 Semarang, dan SMA Islam Sudirman Ambarawa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data Miles dan Huberman yang terdiri atas data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa. Pertama, hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis. Adapun hasil analisis kebutuhan diperoleh dari angket peserta didik dan guru yang dikembangkan melalui enam aspek kebutuhan pengembangan buku, yaitu (1) aspek kebutuhan buku yang mencakup materi, contoh, dan rangkuman, (2) aspek isi materi yang mencakup teori mengenai perngertian, struktur, kebahasaan, langkah-langkah menulis teks biografi, contoh teks biografi, dan rangkuman, (3) aspek penyajian materi yang mencakup teori dan rangkuman, langkah-langkah menulis teks biografi, contoh teks dan rangkuman, dan rangkuman, (4) aspek bahasa dan keterbacaan yang menggunakan kalimat efektif, bahasa yangix komunikatif, dan penggunaan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, (5) aspek grafika yang mencakup ilustrasi/gambar, bentuk buku vertikal, ukuran buku A5 dengan jenis huruf century menggunakan ukuran font 12, dan (6) aspek muatan nilai humanis yang mencakup muatan nilai humanis yang diintegrasikan pada cover buku, langkah-langkah menulis teks bografi, dan contoh teks biografi. Kedua, berupa karakteristik pengembangan buku pengayaan yang meliputi, yaitu (1) aspek isi materi, (2) aspek penyajian materi, (3) aspek bahasa dan keterbacaan, (4) aspek grafika, dan (5) aspek muatan nilai humanis. Karakteristik tersebut diperoleh dari simpulan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Ketiga, prototipe buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis. Prototipe yang dikembangkan berisikan empat bab pembahasan, yaitu materi mengenai teks biografi, materi mengenai muatan nilai humanis, langkah-langkah menulis teks biografi, dan contoh teks biografi. Keempat, hasil penilaian uji validasi dengan ratarata nilai 76,04 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi yang tersebut dapat dikatakan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan sudah layak digunakan oleh peserta didik dengan beberapa penilaian dan perbaikan saran yang telah diberikan oleh validator. Saran yang direkomendasikan adalah (1) buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pendamping buku teks dalam pembelajaran menulis teks biografi, (2) buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis ini hendaknya dapat digunakan oleh guru untuk menanamkan nilai humanis pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, dan (3) penelitian lain perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis teks biografi, nilai humanis
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 22:11
Last Modified: 06 Apr 2020 22:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35560

Actions (login required)

View Item View Item