KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA GPID DAN METODE MEMBACA PACER BAGI SISWA KELAS X SMA


Istanti Aninda , 2101415050 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA GPID DAN METODE MEMBACA PACER BAGI SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA GPID DAN METODE MEMBACA PACER BAGI SISWA KELAS X SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA GPID DAN METODE MEMBACA PACER BAGI SISWA KELAS X SMA) - Published Version
Download (540kB) | Preview

Abstract

Kegiatan menganalisis aspek makna dan kebahasaan mempunyai manfaat besar bagi siswa, diantaranya melatih siswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap teks yang dibaca. Kegiatan menganalisis adalah kegiatan menelaah atau menguraikan sesuatu atas bagian-bagian serta hubungan antar bagian tersebut untuk memperoleh pemahaman yang utuh. Pada pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi memerlukan cara dan metode yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami dan menelaah aspek makna serta kebahasaan yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan yaitu metode membaca GPID (Goall, Plans, Implementation, Development) dan metode membaca PACER (Preview, Assess, Choose, Expedite, Review). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui keefektifan pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi menggunakan metode membaca GPID pada kelas SMA, 2) mengetahui keefektifan pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi menggunakan metode membaca PACER pada kelas SMA, dan 3) mengetahui hasil pembelajaran metode membaca GPID dan PACER yang paling efektif untuk menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi pada kelas SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan dua metode membaca yaitu metode GPID dan metode PACER. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini adalah kemampuan menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi, metode GPID dan metode PACER. Populasi pada penelitian ini yaitu kemampuan menganalisis aspek makna dan kebahasaan seluruh siswa kelas X SMA N 4 Purworejo, dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan yang terpilih adalah siswa kelas IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan metode GPID dan kelas IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan metode PACER. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes (pretest dan postest) dan nontes (pedoman observasi dan dokumentasi). Pengujian data sampel berupa uji normalitas, uji homogenitas, danii ii uji t pada sampel berpasangan dan sampel tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi efektiff menggunakan metode GPID dibuktikan dengan pemerolehan presentase proses pembelajaran sebesar 83% dengan kategori efektif, presentase nilai sikap sebesar 80,5% dengan kategori efektif, dan uji-t mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan postest). Pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi efektif menggunakan metode PACER dibuktikan pada saat proses pembelajaran, dengan memperoleh presentase sebesar 82,60% dengan kategori efektif, nilai sikap mendapat presentase sebesar 79,61% dengan kategori cukup efektif, dan uji-t mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan postest). Pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi menggunakan metode GPID lebih efektif disbanding dengan menggunakan metode PACER dibuktikan dengan perbandingan presentase proses pembelajaran 83% : 82,60%, perbandingan presentase nilai sikap 80,5% : 79,61%, perbandingan nilai postest keduanya 80 : 72,174, dan diperkuat dengan nilai signifikansi uji independent sample t-test antara nilai postest kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 sebesar 0,026 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah 1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya lebih dapat meningkatkan kreatifitas dengan cara memilih dan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang sesuai untuk materi yang akan diajarkan, 2)metode GPID dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran menganalisis aspek makna an kebahasaan dalam teks biografi oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk membantu peserta didik dalam memahami materi, 3) penelitian ini hendaknya dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya sehingga dapat menambah bahan kajian keilmuan dan dapat dikaji lebih lanjut

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menganalisis aspek makna dan kebahasaan, teks biografi, metode GPID, metode PACER
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 21:55
Last Modified: 06 Apr 2020 21:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35557

Actions (login required)

View Item View Item