REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN ULANGAN HARIAN/UAS MATERI CERITA NARASI (IMAJINATIF) PADA BUKU INTAN PARIWARA, GEMA NUSA, DAN SOAL UAS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 1


Wulida Astuti , 2101415048 (2019) REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN ULANGAN HARIAN/UAS MATERI CERITA NARASI (IMAJINATIF) PADA BUKU INTAN PARIWARA, GEMA NUSA, DAN SOAL UAS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN ULANGAN HARIAN/UAS MATERI CERITA NARASI (IMAJINATIF) PADA BUKU INTAN PARIWARA, GEMA NUSA, DAN SOAL UAS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 1]
Preview
PDF (REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN ULANGAN HARIAN/UAS MATERI CERITA NARASI (IMAJINATIF) PADA BUKU INTAN PARIWARA, GEMA NUSA, DAN SOAL UAS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 1) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Setelah dilakukan observasi mengenai penilaian pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam apresiasi sastra ditemukan soal pilihan ganda dengan skor (1) untuk jawaban benar dan skor (0) untuk jawaban salah. Hal tersebut tidak sejalan dengan teori apresiasi serta perkembangan pembelajaran sastra yang diidamkan. Sistem penilaian tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Karena, dalam mengapresiasi sebuah karya sastra tiap peserta didik menangkapnya secara berbeda-beda sesuai dengan pemahaman atau penafsiran mereka. Berdasarkan hal tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah rekonstruksi soal apresiasi sastra bentuk pilihan ganda kelas VII semester 1. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis kualitas soal apresiasi sastra pada tiga sumber, rekonstruksi soal apresiasi sastra, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh soal apresiasi sastra hasil rekonstruksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan tentang kualitas butir soal apresiasi sastra bentuk pilihan ganda, rekonstruksi soal apresiasi sastra tersebut, hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh pada soal yang telah direkonstruksi. Soal-soal yang dianalisis dan direkonstruksi berasal dari buku Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII semester 1 terbitan Intan Pariwara, buku ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII semester 1 terbitan Gema Nusa, dan Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil (UAS) kelas VII SMP/MTs yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Tegal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas soal apresiasi sastra bentuk pilihan ganda dari tiga sumber tergolong kurang baik. Aspek materi mencapai nilai 64, aspek konstruksi mencapai nilai 49,2, dan aspek bahasa/budaya mencapai nilai 89. Berdasarkan hasil tersebut, rekonstruksi dilakukan dengan memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada masing-masing soal. Selain itu rekonstruksi juga dilakukan dengan membuat gradasi kunci (penskoran). Rekonstruksi tersebut meliputi dua hal yaitu perbaikan butir soal dan penambahan pedoman penskoran bergradasi pada pilihan jawaban. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa soal rekonstruksi sudah valid dan reliabel, namun untuk tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh masih tergolong tidak baik. Saran dalam penelitian ini adalah pendidik diharapkan mampu menggunakan soal yang sesuai materi dan pembuatan soal apresiasi sastra seharusnya dilandaskan pada teori apresiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: soal, rekonstruksi, apresiasi sastra
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 21:51
Last Modified: 06 Apr 2020 21:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35556

Actions (login required)

View Item View Item