REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN EKSPRESI LISAN SASTRA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP


Emi Nur Hidayah , 2101415047 (2019) REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN EKSPRESI LISAN SASTRA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN EKSPRESI LISAN SASTRA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP]
Preview
PDF (REKONSTRUKSI SOAL LATIHAN EKSPRESI LISAN SASTRA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP) - Published Version
Download (935kB) | Preview

Abstract

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian seharusnya dapat menggambarkan keadaan sebenarnya, tetapi saat ini penilaian yang dilakukan seringkali belum sesuai hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang berlatih dan belum memahami materi yang diajarkan dengan utuh. Masalah tersebut harus diatasi di antaranya dengan cara memperbaiki soal latihan yang ada dalam buku teks khususnya soal ekspresi lisan sastra. Soal latihan dalam buku teks harus berkualitas dan menarik minat siswa agar latihan yang dilakukan dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya dan dapat diketahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah rekonstruksi soal latihan ekspresi lisan sastra dalam buku teks. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis kualitas soal latihan ekspresi lisan sastra pada buku teks, rekonstruksi soal eskpresi lisan sastra, dan uji validitas dan uji reliabilitas sampel soal ekspresi lisan sastra hasil rekonstruksi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif yang dilakukan untuk mengetahui kualitas soal ekspresi lisan sastra, menemukan kekurangan soal tersebut, dan melakukan perbaikan agar didapatkan soal ekspresi lisan sastra yang baik dan benar. Analisis kualitas soal dilakukan mengacu pada aspek materi, kontruksi, dan bahasa/budaya. Soal-soal yang dianalisis dan direkonstrusksi berasal dari soal-soal yang ada dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan buku teks Mahir Berbahasa Indonesia untuk kelas VII SMP terbitan Erlangga. Uji coba sampel soal dilakukan pada dua kelas VII SMP Negeri 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas soal eskpresi lisan sastra pada buku teks belum baik karena dari seluruh soal yang dianalisis belum mencapai nilai 70. Masing-masing aspek yang dianalisis menghasilkan nilai yang berbeda. Aspek materi mencapai 71,9, aspek konstruksi 12,5, dan aspek bahasa/budaya 65. Berdasarkan hasil tersebut, rekonstruksi soal dilakukan dengan cara memperbaiki kekurangan sesuai dengan hasil analisis kualitatif dan menambah petunjuk pengerjaan yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan latihan sebelum dilakukan penilaian. Selain itu juga dilakukan perbaikan dan penambahan kisi-kisi, rubrik penilaian, dan pedoman penskoran. Setelah dilakukan ujicoba terhadap dua sampel soal hasil rekonstruksi dan dilakukan penghitungan validitas dan reliabilitas soal didapatkan kesimpulan bahwa soal hasil rekonstruksi tersebut valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: soal latihan, ekspresi lisan sastra, buku teks
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 21:46
Last Modified: 06 Apr 2020 21:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35555

Actions (login required)

View Item View Item