KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE PQ4R DAN METODE PQRST BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII


Hilda Meliana , 2101415044 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE PQ4R DAN METODE PQRST BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE PQ4R DAN METODE PQRST BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SURAT DINAS MENGGUNAKAN METODE PQ4R DAN METODE PQRST BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII) - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap bahan maupun materi yang dibaca salah satunya adalah kegiatan mengidentifikasi informasi. Identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftar, mencatat data dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Mengidentifikasi informasi dari surat dinas memerlukan adanya suatu cara atau metode yang tepat agar pembelajaran dapat mencapai tingkat yang maksimal sekaligus menyenangkan untuk dilakukan oleh peserta didik. Metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dari surat dinas yaitu metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test). Metode PQRST adalah metode membaca untuk keperluan studi yang meliputi lima tahap, yaitu preview, question, read, summerize, dan tes (Widyamartaya dalam Haryadi, 2008). Iskandarwassid dan Sunendar (2008 : 12) mengungkapkan bahwa PQ4R ini membantu pemindahan informasi baru dari memori otak yang bersifat jangka pendek ke jangka panjang dengan menciptakan hubungan dan gabungan antara informasi baru dengan informasi yang telah ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi dari surat dinas dengan menggunakan metode PQ4R bagi peserta didik kelas VII, 2) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi dari surat dinas dengan menggunakan metode PQ4R bagi peserta didik kelas VII, 3) seberapa besar keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas menggunakan metode PQ4R dibanding menggunakan metode PQRST bagi peserta didik kelas VII. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang hendak dicapai adalah 1) mendeskrisikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas menggunakan metode membaca PQ4R pada peserta didik kelas VII, 2) mendeskrisikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas menggunakan metode PQRST membaca pada peserta didik kelas VII, 3) mendeskrisikan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas menggunakan metode PQ4R dibanding menggunakan metode PQRST bagi peserta didik kelas VIIii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan dua metode yaitu metode PQ4R dan metode PQRST. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quaasi eksperimen) dengan bentuk desan nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi informasi surat dinas, Metode PQ4R, dan metode PQRST. Populasi pada penelitian ini yaitu kemampuan mengidentifikasi informasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Kedungwuni, dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan yang terpilih adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode PQRST. Teknik pengumpulan menggunakan instrumen tes (pretest dan postest) dan nontes (pedoman observasi dan dokumentasi). Pengujian data sampel berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t pada sampel berpasangan dan sampel tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas efektif menggunakan metode PQ4R dibuktikan dengan pemerolehan presentase proses pembelajaran sebesar 91,5% dengan kategori sangat efektif, presentase nilai sikap sebesar 91% dengan kategori sangat efektif, dan uji-t mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan postest). Pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas efektif menggunakan metode PQRST dibuktikan pada saat proses pembelajaran, dipemerolehan presentase sebesar 91,75% dengan kategori sangat efektif, nilai sikap mendapat presentase sebesar 94% dengan kategori sangat efektif, dan uji-t mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan postest). Pembelajaran mengidentifikasi informasi surat dinas menggunakan metode PQ4R lebih efektif dibanding dengan menggunakan metode PQRST dibuktikan dengan perbandingan presentase proses pembelajaran 91,5% : 91,75%, perbandingan presentase nilai sikap 91% : 94%, perbandingan nilai postest keduanya 83,5000 : 78,3125, dan diperkuat dengan nilai signifikansi uji independent sample t-test antara nilai postest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,011 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah 1) pendidik hendaknya berpikir kritis dan kreatif dalam memilih dan menggunakan berbagai model, metode, maupun media pembelajaran sehingga akan tepat penggunaannya untuk materi pembelajaran yang hendak diajarkan, 2) pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia dapat menerapkan metode PQ4R kepada peserta didik dalam kegiatan mengidentifikasi informasi dari surat dinas agar peserta didik mendapat hasil yang lebih optimal, 3) peneliti hendaknya menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya, dan dapat menambah bahan kajian keilmuan yang dapat dirujuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengidentifikasi informasi, surat dinas, metode PQ4R, metode PQRST
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 21:10
Last Modified: 06 Apr 2020 21:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35554

Actions (login required)

View Item View Item