KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN TEKNIK WARMING UP FOR READING DAN TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK


Hidayatul Alipah , 2101415042 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN TEKNIK WARMING UP FOR READING DAN TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN TEKNIK WARMING UP FOR READING DAN TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN TEKNIK WARMING UP FOR READING DAN TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK) - Published Version
Download (602kB) | Preview

Abstract

Kegiatan membaca mempunyai manfaat yang besar bagi siswa dalam pembelajaran, siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan yang telah dibaca. Siswa diharapkan mampu memahami isi bacaan dalam teks. Oleh karena itu, pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi memerlukan teknik pembelajaran membaca yang efektif sehingga dapat memotivasi peserta didik. Teknik membaca yang dapat digunakan adalah teknik WFR dan teknik KWL Plus. Teknik WFR adalah teknik pembelajaran membaca pemahaman yang mampu menggabungkan proses membaca dengan pembelajaran yang bermakna. Teknik KWL Plus adalah teknik yang bertujuan membimbing siswa untuk memahami bacaan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan teknik membaca WFR pada peserta didik kelas X SMK Negeri Jawa Tengah?, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan teknik membaca KWL Plus pada peserta didik kelas X SMK Negeri Jawa Tengah?, (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik WFR dan teknik KWL Plus pada peserta didik kelas X SMK Negeri Jawa Tengah?. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design yang terdiri atas kelas eskperimen 1 dengan perlakuan teknik WFR dan kelas eksperimen 2 dengan perlakuan teknik KWL Plus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang sudah menggunakan kurikulum 2013 revisi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang sesuai dengan penelitian ini dan terpilih peserta didik kelas X BKP dan X TP SMKN Jawa Tengah. Penelitian ini terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebas (teknik WFR dan teknik KWL Plus), variabel terikat (keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretes dan postes, sedangakan teknik nontes menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan nontes. instrumen tes berupa soal pretes dan postes, sedangkan instrumen nontes berupa lembar observasi dan foto dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan analisis nilai proses dan sikap serta melakukan uji diantaranya uji sampel, uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis menggunakan uji-t.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman, teks eksposisi, teknik WFR dan teknik KWL Plus.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Apr 2020 21:03
Last Modified: 06 Apr 2020 21:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35553

Actions (login required)

View Item View Item