PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PANTUN BERGAMBAR BERMUATAN NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS.


Ayu Putri Febrianti , 2101415039 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PANTUN BERGAMBAR BERMUATAN NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PANTUN BERGAMBAR BERMUATAN NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS.]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PANTUN BERGAMBAR BERMUATAN NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS.) - Published Version
Download (741kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pantun di sekolah bertujuan untuk melestarikan warisan luhur budaya bangsa agar tetap menjadi ciri khas bangsa Indonesia dan tidak diakui oleh negara lain. Selain itu, pembelajaran pantun di sekolah sangat penting dan bermanfaat bagi peserta didik agar melatih menjadi manusia yang peka terhadap lingkungan dan mampu membentuk budi pekerti yang luhur. Pantun menunjukkan bahwa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri untuk mendidik dan menyampaikan hal yang bermanfaat. Namun, pada kenyataannya masih banyak permasalahan yang terjadi di sekolah-sekolah terkait pembelajaran menulis pantun bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, yaitu (1) peserta didik masih kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis pantun, (2) peserta didik kurang dapat mengetahui nilai atau muatan yang akan disisipkan dalam pantun. Pada dasarnya nilai karakter yang wajib diteladani tersiratkan dalam sila-sila Pancasila. Namun, masih banyak peserta didik yang memiliki sikap menyimpang dari nilai Pancasila, (3) kecenderungan guru menerapkan sistem konvensional (ceramah) juga mengakibatkan suasana pembelajaran menjadi monoton sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis pantun, serta (4) media pembelajaran pantun yang berada di sekolah-sekolah kurang memadai, sehingga tanpa adanya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, peserta didik kurang tertarik dalam kegiatan menulis pantun. Untuk mengatasi problematika dan kebutuhan yang ada pada peserta didik kelas VII SMP/MTs, dikembangkanlah media pembelajaran kartu pantun bergambar bermuatan nilai Pancasila untuk merangsang daya imajinasi peserta didik sehingga mampu mengkonkretkan hal yang masih bersifat abstrak dalam pikiran peserta didik melalui media gambar bermuatan nilai Pancasila. Adanya media gambar tersebut dapat menstimulus ide peserta didik dalam menulis pantun sehingga peserta didik dapat lebih mudah dalam menulis pantun. Media ini juga dapat membantu guru dalam membelajarkan menulis pantun secara maksimal agar menumbuhkan sikap aktif peserta didik terhadap pembelajaran menulis pantun dengan cara belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prototipe media pembelajaran kartu pantun bergambar bermuatan nilai Pancasila pada pembelajaran menulis pantun bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs, (2) mendeskripsikan hasil penilaian guru dan dosen ahli terhadap prototipe media pembelajaran kartu pantun bergambar bermuatan nilai Pancasila pada pembelajaran menulis pantun bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs, dan (3) mendeskripsikan hasil perbaikani

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kartu pantun bergambar, muatan nilai Pancasila, menulis pantun.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Apr 2020 19:03
Last Modified: 03 Apr 2020 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35548

Actions (login required)

View Item View Item