ANALISIS KEKURANGAN DAN REKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI KESANTUNAN SEBAGAI BAHAN BELAJAR SISWA


Faridah Eriyaningsih , 2101415029 (2019) ANALISIS KEKURANGAN DAN REKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI KESANTUNAN SEBAGAI BAHAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEKURANGAN DAN REKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI KESANTUNAN SEBAGAI BAHAN BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (ANALISIS KEKURANGAN DAN REKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI KESANTUNAN SEBAGAI BAHAN BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (553kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan materi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Teks negosiasi merupakan salah satu bahan ajar yang dimuat dalam semua buku teks kelas X SMA/SMK. Teks tersebut belum diketahui kekurangannya, sehingga belum diketahui kelayakannya untuk digunakan sebagai bahan belajar siswa. Jika berdasarkkan analisis tersebut masih ditemukan banyak kekurangan, maka diperlukan rekonstruksi agar menjadi teks yang lebih baik. Sebab itu, penelitian diperlukan untuk mendeskripsikan keadaan teks negosiasi dalam buku teks. Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kekurangan teks negosiasi jika dilihat dari struktur, kaidah kebahasaan dan nilai yang dimuat dalam buku teks kurikulum 2013 kelas X SMA dan (2) Merekonstruksi teks negosiasi bermuatan nilai kesantunan sebagai bahan belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggabungkan dua metode, yaitu analisis isi (content analysisi) dan rekonstruksi yang langkahnya diadaptasi dari sebagian langkah penelitian dan pengembangan (research and development). Sumber data data dalam penelitian ini yaitu teks negosiasi dalam buku teks “Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA edisi revisi 2016” dan“Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2016”. Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, teks negosiasi yang terdapat pada buku teks “Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” memiliki nilai rata-rata 2,79. Nilai tersebut termasuk dalam kategori layak karena skala penilaian kategori layak yaitu pada rentang nilai 2,65-2,52. Sedangkan, nilai rata-rata hasil analisis kekurangan teks negosiasi di buku “Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” yaitu 2,53. Nilai tersebut termasuk dalam kategori kurang layak karena skala nilai kurang layak yaitu antara 1,77-2,64. Hasil tersebut didapatkan berdasarkan rata-rata nilai keseluruhan pada tiap aspek analisis kekurangan teks negosiasi yang telah dilakukan. Pada kedua buku masih banyak ditemukan kekurangan dalam tiap aspek penilaian analisis kekurangan teks negosiasi. Rekonstruksi teks negosiasi perlu dilakukan pada seluruh teks yang telah dianlisis karena masih ditemukan setengah kekurangan dari butir penilaian analisisyang berjumlah dua puluh satu. Rekonstruksi dilakukan dengan cara memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada setiap teks negoasiasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa teks negosiasi yang telah direkonstruksi berdasarkan kekurangan yang ditemukan pada analisis kekurangan dan rekosntruksi teks negosiasi dengan muatan nilai kesantunan untuk bahan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks negosiasi, nilai kesantunan, rekonstruksi teks.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Apr 2020 18:56
Last Modified: 03 Apr 2020 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item View Item