POLA DASAR KALIMAT INTI DAN PERLUASANNYA PADA TEKS BUKU TEMATIK SD KELAS TINGGI
Sabrina Pangestuning Bethari , 2101415026 (2019) POLA DASAR KALIMAT INTI DAN PERLUASANNYA PADA TEKS BUKU TEMATIK SD KELAS TINGGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (POLA DASAR KALIMAT INTI DAN PERLUASANNYA PADA TEKS BUKU TEMATIK SD KELAS TINGGI)
- Published Version
Download (853kB) | Preview |
Abstract
Buku teks menjadi salah satu bahan ajar untuk menunjang suatu proses pembelajaran. Pada kurikulum 2013, pemerintah menggunakan buku tematik pada tingkatan SD/MI. Materi yang disajikan dalam buku tematik berupa susunan kalimat yang membentuk sebuah teks bacaan. Pada umumnya, pola kalimat yang digunakan akan mempengaruhi pemahaman peserta didik dalam memahami materi.Oleh karena itu, analisis pola kalimat digunakan untuk mengetahui kesesuaian buku tersebut terhadap tingkat kognitif pembaca. Pola kalimat dapat diukur dengan teori structural yang berdasarkan pola dasar kalimat inti dan pola kalimat perluasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan pola kalimat pada buku tematik siswa SD kelas tinggi agar dapat disesuaikan dengan perkembangan kognitif anak SD. Struktur pola dasar kalimat inti dan perluasannya digunakan untuk mengetahui kekompleksan suatu kalimat dalam teks. Dengan demikian, fokus penelitian ini adalah (1) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas IV, (2) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas V, (3) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas VI, dan (4) perbandingan pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks buku tematik SD kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yang memungkinkan hasil penelitian yang relevan. Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang terdapat dalam teks bacaan pada buku tematik SD kelas IV, V, dan kelas VI. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik SD kelas IV, dan kelas V kurikulum 2013 revisi 2017, serta buku tematik SD kelas VI kurikulum 2013 revisi 2018. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode simak dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan berupa teknik baca markah, teknik lesap, teknik ganti, dan teknik perluas. Model pemaparan hasil data disajikan dengan cara formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kalimat yang terdapat dalam buku tematik SD kelas tinggi berbeda-beda, yaitu (1) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada pada teks dalam buku tematik SD kelas IV terdiri atas empat pola dengan hasil persentase kalimat berpola S-P (perluasan) sebesar 15%, S-P-O (perluasan) sebesar 11%, S-P-Pel (perluasan) sebesar 64% dan S-P-O-Pel (perluasan) sebesar 10%. Terdapat pula tiga jenis perluasan yang digunakan yaitu perluasan kalimat dalam fungsi dengan jumlah sebesar 44%, penambahan fungsi keterangan dengan jumlah sebesar 24%, dan penambahan klausa dengan jumlahix sebesar 32%; (2) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas V terdiri atas empat pola, dengan hasil persentase kalimat berpola S-P (perluasan) sebesar 13%, S-P-O (perluasan) sebesar 10%, S-P-Pel (perluasan) sebesar 57% dan S-P-O-Pel (perluasan) sebesar 20%. Terdapat pula tiga jenis perluasan yang digunakan yaitu perluasan kalimat dalam fungsi dengan jumlah sebesar 52%, penambahan fungsi keterangan dengan jumlah sebesar 24%, dan penambahan klausa dengan jumlah sebesar 24%; (3) pola dasar kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas VI terdiri atas empat pola, dengan hasil persentase kalimat berpola S-P (perluasan) sebesar 15%, S-P-O (perluasan) sebesar 14%, S-P-Pel (perluasan) sebesar 42% dan S-P-O-Pel (perluasan) sebesar 29%. Terdapat pula tiga jenis perluasan yang digunakan yaitu perluasan kalimat dalam fungsi dengan jumlah sebesar 48%, penambahan fungsi keterangan dengan jumlah sebesar 19%, dan penambahan klausa dengan jumlah sebesar 33%; dan (4) Perbandingan pola kalimat inti dan perluasannya pada teks dalam buku tematik SD kelas tinggi yaitu pola kalimat S-P perluasan (15%, 13%, 15%), kalimat berpola S-P-O perluasan (11%, 10%, 14%), kalimat berpola S-PPel perluasan (64%, 57%, 42%), kalimat berpola S-P-O-Pel perluasan (10%, 20%, 29%). Perbedaan jumlah persentase pola kalimat menunjukkan adanya perbedaan penggunaan pada tiap jenjang kelas dan usia anak. Hal ini berkaitan dengan perkembangan kognitif anak yang semakin berkembang pada kelas VI sehingga penggunaan pola kalimat pada kelas VI semakin rumit. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti, yaitu penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan pola kalimat, dapat menggunakan teori yang berbeda, dapat menemukan data yang lebih banyak sehingga hasilnya lebih valid, dan dengan adanya penelitian mengenai pola kalimat pada buku tematik SD ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi penulis atau penerbit, bagi sekolah dan pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola dasar kalimat inti dan perluasannya, teks, buku tematik. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Apr 2020 18:25 |
Last Modified: | 03 Apr 2020 18:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35545 |
Actions (login required)
View Item |