PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN DEBAT BERMUATAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X


Allifa Zia Ghonia , 2101415022 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN DEBAT BERMUATAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN DEBAT BERMUATAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYAJIKAN DEBAT BERMUATAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X) - Published Version
Download (572kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran menyajikan debat ditemukan beberapa kendala. Kendala tersebut yakni kurangnya pengetahuan peserta didik dalam pelaksanaan debat secara baik, santun serta beretika. Pada pelaksanaan pembelajaran debat, sebagian besar pendidik hanya mengacu pada satu buku teks yang disediakan oleh pemerintah. Padahal, masih banyak buku yang dapat digunakan sebagai buku pendamping untuk pembelajaran. Misalnya, buku pengayaan, buku referensi, dan buku panduan. Keterbatasan buku-buku pendamping di perpustakaan sekolah juga menjadi alasan pendidik hanya menggunakan buku teks dalam proses pembelajaran. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, diperlukan sumber belajar lain yang memuat kesantunan berbahasa. Sumber belajar yang dikembangkan yakni buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa yang bertujuan untuk membuat peserta didik dapat melaksanakan debat dengan baik, santun, dan beretika agar mampu menerima pendapat orang lain, sehingga pelaksanaan debat berjalan dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mengkaji empat hal, yaitu (1) bagaimana kebutuhan pengembangan buku pengayaan bagi peserta didik dan pendidik, (2) bagaimana purwarupa buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa, (3) bagaimana penilaian ahli terhadap purwarupa buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa, dan (4) bagaimana perbaikan purwarupa buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang dilakukan hanya sampai tahap kelima, yaitu tahap revisi dan penyempurnaan produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan Pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket kebutuhan dan wawancara tidak terstruktur. Sedangkan, teknik yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisiss kebutuhan pendidik dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan, karena ketersediaan dan kondisi buku yang digunakan hanya berupa buku teks dari pemerintah sehingga memerlukan buku pendamping selain buku teks tersebut. Maka dari itu, diperoleh hasil analisis dari segi materi materi/isi pendidik dan peserta didik menginginkan buku pengayaan berisi materi, contoh teks yang disertai penjelasannya dengan disajikan secara lengkap dan runtut. Dari segiix penyajian materi disajikan dengan pemberian contoh di awal kemudian diikuti penjelasan materi, pemberian nomor halaman ditulis di bagian tengah bawah halaman, petunjuk penggunaan buku disajikan dengan singkat dan jelas, dan penyajian rangkuman di setiap bab pada akhir materi. Dari segi bahasa dan keterbacaan penggunaan bahasa yang dipilih bahasa yang digunakan sehari-hari sesuai dengan kaidah kebahasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan penggunaan kata sapaan kalian dan kamu , kalimat pengantar bab disusun dengan kalimat pertanyaan dan pernyataan, serta penyusunan struktur kalimat yang diinginkan adalah kalimat efektif. Dari segi grafika buku pengayaan disusun dengan ukuran buku A4, jenis dan ukuran huruf yang digunakan Times New Roman berukuran 12pt dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik sesuai dengan konsep materi. Dari segi materi menyajikan debat berisi materi berdebat secara santun dan menyajikan debat yang disajikan dengan mudah dipahami, jelas, dan lengkap; dengan contoh teks debat yang 5 dengan topik sosial, pendidikan, dan hukum. Dari segi muatan prinsip kesantunan berbahasa berisi materi pengertian, ciri-ciri, dan contoh prinsip kesantunan berbahasa yang disajikan berbentuk paragraf dan kolom-kolom, prinsip kesantunan berbahasa diintegrasikan ke materi dan contoh teks debat, materi prinsip kesantunan berbahasa terdiri atas enam prinsip, jumlah muatan prinsip kesantunan berbahasa dalam contoh teks satu muatan prinsip kesantunan berbahasa, dan prinsip kesantunan yang ditonjolkan nilai kebijaksanaan dan nilai kedermawanan. Kedua, purwarupa buku pengayaan yang disusun terdiri atas tiga bab, yaitu (a) bab 1 mengenal debat, (b) bab 2 kesantunan berbahasa, dan (3) berdebat secara santun. Ketiga, hasil penilaian ahli terhadap purawarupa buku pengayaan memperoleh nilai persentase rata-rata 84% dengan kategori baik. Keempat, perbaikan dilakukan pada sesuai dengan saran masukan tim ahli pada lima aspek, yaitu (a) aspek materi menyajikan debat, (b) aspek penyajian, (c) aspek grafika, (d) aspek bahasa dan keterbacaan, dan (e) aspek muatan prinsip kesantunan berbahasa. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini, yaitu (1) hendaknya buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa dapat digunakan oleh peserta didik dan pendidik agar semakin terampil menyajikan debat secara santun dan memiliki karakter yang baik, dan (3) perlunya penelitian lebih lanjut untu menguji buku pengayaan menyajikan debat bermuatan prinsip kesantunan berbahasa sehingga dapat digunakan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menyajikan debat, dan prinsip kesantunan berbahasa.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Apr 2020 18:21
Last Modified: 03 Apr 2020 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35544

Actions (login required)

View Item View Item